Home News MotoGP David Alonso Raih Pole di Moto3 Le Mans

David Alonso Raih Pole di Moto3 Le Mans

by VR46 Fans
17154273790482

David Alonso, pembalap asal Kolombia, berhasil meraih pole position dalam kategori Moto3 di Le Mans. Prestasi ini sesuai dengan prediksi yang ada, meskipun Holgado dan Rueda yang sudah pulih dari cedera juga memberikan perlawanan sengit. Adrián Fernández juga tampil impresif dengan finis di posisi keempat.

Cuaca di sirkuit Le Mans terbilang baik, dengan sinar matahari yang terik dan suhu mencapai lebih dari 40 derajat Celsius di permukaan aspal. Hal ini membuat tingkat cengkraman ban menjadi lebih rendah dibandingkan sesi latihan bebas pagi hari sebelumnya.

Pada sesi kualifikasi pertama (Q1), hanya ada satu pembalap Spanyol yang turun, yaitu David Almansa, yang belum familiar dengan lintasan. Para favorit untuk merebut gelar juara telah menunjukkan performa yang baik pada sesi latihan pagi.

Dari awal sesi kualifikasi, pembalap Australia, Roulstone, Lunetta, dan Carraro saling bergantian memimpin. Hingga akhirnya Carraro terjatuh di tikungan 3. Meskipun berhasil kembali ke lintasan, namun performanya sudah tidak sama lagi.

Suzuki memberikan dorongan kepada Ogden, yang berhasil memanfaatkannya untuk menduduki posisi terdepan, sementara pembalap Jepang tersebut tidak mampu naik ke posisi yang cukup tinggi.

Roulstone merupakan pembalap pendatang baru yang luar biasa: ia berhasil finis di posisi poin di setiap balapan dan selalu balapan sendirian. Dengan strategi tersebut, ia berhasil memperkecil selisih waktu dengan Ogden sebanyak tiga per sepuluh detik. Meskipun berbasis di Tortosa, Roulstone berhasil mengejutkan banyak orang dengan performa apiknya.

Ada dua sisi berbeda antara dua pembalap veteran: Nepa mengalami kesalahan sedangkan Suzuki semakin meningkatkan performanya. Lunetta berhasil memanfaatkan dorongan dari Farioli untuk lolos ke babak berikutnya. Pembalap yang lolos ke babak kualifikasi kedua (Q2) adalah Roulstone, Lunetta, Ogden, dan Suzuki, sementara Almansa akan memulai balapan dari posisi ke-22.

Pada sesi kualifikasi kedua (Q2), semua mata tertuju pada David Alonso, yang telah mendominasi semua sesi latihan sebelumnya, seperti di Austin dan Jerez, meskipun ia terjatuh dalam balapan. Tim CFMoto Aspar menyusun strategi dengan meletakkan Joel Esteban sebagai pembalap yang menarik Alonso. Yamanaka juga berhasil menempel ketat pada Alonso.

Rueda juga memimpin rekan setimnya di Ajo KTM, yaitu pembalap pendatang baru Zurutuza. Namun, Adrián Fernández berhasil menyelinap di antara keduanya, meskipun kemudian Catalan tersebut berhasil melakukan manuver melawannya. Sepertinya pertarungan sudah dimulai.

Piqueras mulai menunjukkan peningkatan performa, namun timnya memerintahkannya untuk masuk ke pit untuk mengganti ban. Juara JuniorGP 2023, yang juga meraih kemenangan dalam dua balapan di Le Mans, mematuhi perintah tersebut. Sementara itu, Veijer memilih untuk tetap di lintasan dan berhasil mengalahkan David Alonso dengan selisih satu milidetik.

Semua pembalap melakukan perubahan pada komponen ban mereka dan keluar dari pit dengan waktu yang sangat sempit untuk melakukan dua putaran penuh, kecuali Veijer yang hanya memiliki satu kesempatan.

Zurutuza kini menjadi pembalap yang menarik Rueda, dan pembalap asal Sevilla tersebut berhasil menduduki posisi pertama. Namun, Holgado, yang berada di belakangnya, berhasil mengalahkannya. Dani terus mengejar David Muñoz.

Saat tersisa waktu untuk serangan terakhir, David Alonso berhasil mencatatkan waktu terbaik di sektor terakhir. Holgado tidak mampu menandinginya, hanya terpaut 11 milidetik. Piqueras mengalami kecelakaan di tikungan terakhir, yang merupakan kecelakaan ketiganya selama akhir pekan ini. Pole position akhirnya berhasil diraih oleh David Alonso, yang menjadi yang ketiga kalinya secara beruntun.

“Saya senang karena mesin berjalan lebih lambat saat cuaca panas,” ujar murid dari tim Aspar. “Saya akan mencoba,” ujar Rueda dan Holgado saat ditanya mengenai persaingan dengan pembalap nomor 80 ini dalam balapan.

Dengan hasil ini, klasemen kualifikasi Moto3 di Prancis menjadi semakin menarik. David Alonso berhasil meraih pole position, diikuti oleh Holgado dan Rueda di posisi kedua dan ketiga. Adrián Fernández juga tampil impresif dengan finis di posisi keempat. Balapan akan menjadi panggung pertarungan sengit di lintasan Le Mans, siapakah yang akan menjadi yang terbaik? Kita tunggu saja hasilnya.

Related Articles

Leave a Comment

16 + three =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.