Home News MotoGP 5 hal yang dapat kita lihat di ajang MotoGP 2018 Qatar

5 hal yang dapat kita lihat di ajang MotoGP 2018 Qatar

by VR46 Fans
motogp 2018 qatar

Setelah balapan MotoGP 2018 Qatar yang mendebarkan musim ini. Kita  dapat melihat kembali dan menarik lima kesimpulan dari pertarungan sengit akhir pekan di Sirkuit Internasional Losail.

1. Dovizioso menang – tetapi Marquez kecewa.

Andrea Dovizioso menjadi pembalap favorit di qatar. Tapi kemenangan tipisnya atas Marc Marquez pasti akan menimbulkan kekhawatiran bagi Ducati. Lagipula, Losail secara historis merupakan salah satu sirkuit terburuk Honda. Tahun lalu Marquez berada di posisi keempat, hampir tujuh detik di belakang pemenang lomba Maverick Vinales. Tapi kali ini Marquez hanya berselisih 0,027 detik dari dovizioso setelah mencoba di tikungan terakhir tapi gagal.

Honda mampu bersaing di Qatar. Cal Crutchlow memastikan kemajuan RC213V dengan performa yang solid di posisi keempat dengan mesin LCR. Marquez akan sangat sulit dikalahkan dalam dua balapan berikutnya di Argentina dan Austin. Dovizioso bahkan mengakui setelah balapan berakhir bahwa kecepatan Honda tak terduga. Marquez adalah “hal buruk”, Dovizioso mengatakan: “Kami lebih kompetitif dari pada tahun lalu. Tapi dalam balapan kali ini saya rasa pembalap Honda juga memastikan bahwa mereka lebih baik dari tahun lalu.

“Saya mampu mengalahkannya, seperti yang anda lihat. Tetapi itu bukan sirkuit yang kurang cocok dengan mereka sehingga Anda harus objektif, saya tahu betul itu. Saya tidak berharap berduel dengan dia di akhir putaran, itu adalah hal buruk dari kemenangan hari ini. ”

2. Pembuktian Rossi.

Hanya ada satu cerita di paddock pada hari Kamis, bahwa Valentino Rossi menandatangani kontrak baru untuk tetap di Yamaha sampai akhir 2020, pada saat itu dia akan berusia 41 tahun. Banyak yang mengira kesepakatan saat ini akan berakhir menjadi yang terakhir ketika ditandatangani pada malam menjelang race 2016. Namun berkali – kali juara kelas tujuh kali ini telah menemukan cara untuk kembali bersaing mengikuti kompetisi dan bertahan di bagian teratas para pembalap. Pada hari Minggu, mengalahkan Dovizioso dan Marquez di Qatar itu sesuatu yang masih jauh, tetapi Rossi finis di posisi ke tiga di depan Vinales dan Johann Zarco yang mengalami masalah dengan ban.

Bagi Rossi, penampilannya adalah balasan yang sempurna untuk perpanjangan kontrak dua tahun lagi di MotoGP. Ini merupakan langkah berisiko bagi seorang pembalap yang telah membalap selama satu dekade sejak ia memenangkan gelar MotoGP terakhirnya.

Dalam kontrak barunya tersebut berarti dia tidak akan hanya memiliki satu, atau dua kesempatan, tetapi tiga kali upaya untuk meraih gelar juara dunia dan meneguhkan statusnya sebagai yang terbesar yang pernah ada dalam sejarah MotoGP.

3. Vinales mungkin telah berubah

Setelah musim dingin yang bisa dianggap sebagai ‘tidak konsisten’, harapan kecil seperti saat Vinales kembali ke trek di mana ia mendominasi ketika debut bersama Yamaha tahun lalu. Hal-hal tampak sedikit lebih baik dalam kualifikasi, karena pembalap Spanyol itu paling lambat di Q2 untuk posisi ke-12. Dan setelah dua putaran, dia turun ke titik-titik yang sangat banyak setelah awal yang buruk.

Tapi kemudian Vinales memantapkan kendali motornya. Dia mulai merangkak naik, tentu saja dibantu dengan kecelakaan Alex Rins dan Jorge Lorenzo. Namun yang lebih penting vinales menunjukkan kecepatan yang dia katakan bahwa dia mampu berada di FP4 setelah beberapa perubahan setingan pada Yamaha-nya.

Pencapain tercepatnya berada di lap 18 dari 22, dan hanya dua sepersepuluh lebih lambat dari pada Dovizioso, dan dia menyelesaikan balapan tepat di belakang Danilo Petrucci di urutan keenam. Seandainya balapan berlangsung sedikit lebih lama, atau dia tidak melakukan start yang buruk, tempat keempat akan menjadi miliknya. Masih ada cara untuk maju seperti awal 2017, tapi setidaknya keputusasaan dan kebingungan pra-musim terlihat berjalan baik.

4. Zarco menjadi rebutan

Dengan line-up pabrikan Yamaha sekarang sudah ditetapkan sampai akhir tahun 2020, rookie tahun lalu Zarco harus mencari tempat lain untuk membuat langkah baru menjadi pembalap pabrikan sepenuhnya. Namun, kabar baik bagi Zarco adalah dia tidak kekurangan tawaran dari tempat lain.

Desas-desus panas di paddock Qatar adalah bahwa Zarco bisa menjadi calon rekan tim Honda untuk Marquez di 2019. Dani Pedrosa belum dikonfirmasi akhir tahun ini, dan bos tim baru Alberto Puig dapat memutuskan waktu yang tepat untuk perubahan. Puig dikenal sebagai pengagum Zarco, yang juga didekati oleh Suzuki dan KTM. Bahkan Ducati dilaporkan telah mendekati manajemen pengendara Tech 3 selama akhir pekan di Qatar.

Apa pun yang dia putuskan, Zarco bukanlah orang yang membiarkan spekulasi mengalihkan perhatiannya dari eksploitasi di lintasan, sebagaimana dibuktikannya dengan pole sensasionalnya dalam kualifikasi.

5. Aprilia dan KTM memiliki pekerjaan serius yang harus dilakukan

Sementara penampilan Suzuki di Qatar tidak meyakinkan, Rins tersingkir dari urutan keenam, Andrea Iannone berada di posisi kesembilan. Sementara itu dua produsen kecil MotoGP lainnya masih jauh dari kata cepat.

Aprilia memasuki akhir pekan dengan mesin upgrade yang akhirnya digunakan, namun motor baru tersebut tampaknya membuat sedikit perbedaan yang berharga untuk kecepatan Aleix Espargaro di babak kualifikasi. Pembalap Spanyol itu berada diposisi ke-11 sebelum kehabisan bahan bakar di lap terakhir dan Scott Redding hanya di posisi 20 dalam debut bersama Aprilia.

Bradley Smith memulai start cukup baik tapi terus melorot sampai ke posisi 18 yang disebabkan kondisi ban depannya yang habis, sementara Pol Espargaro mengalami kerusakan perangkat elektronik. Setelah kemajuan yang mengesankan pada tahun 2017, KTM tampaknya tak banyak perkembangan selama musim dingin. Setidaknya tim ini memiliki sumber daya dan masih bisa melakukan pengembangan selama berjalannya musim 2018.

Related Articles

Leave a Comment

five × five =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.