Home News MotoGP Jorge Martin Mengalahkan Brad Binder dan Dekati Pemimpin Klasemen MotoGP Jepang 2023

Jorge Martin Mengalahkan Brad Binder dan Dekati Pemimpin Klasemen MotoGP Jepang 2023

by VR46 Fans

Hasil Balapan Cepat 2023 MotoGP Jepang: Jorge Martin Mengalahkan Brad Binder.

2023 Japanese MotoGP, Motegi – Hasil Balapan Sprint

Jorge Martin berhasil mengalahkan Brad Binder untuk memenangkan balapan Sprint MotoGP Jepang 2023 di Motegi, yang membuat pembalap Pramac Ducati ini hanya berselisih 8 poin dengan Francesco Bagnaia, pemimpin klasemen sementara.

Bagnaia bertarung sengit dengan mantan rekan setimnya di Ducati, Jack Miller, untuk meraih posisi ketiga. Ia berhasil mengungguli pembalap KTM ini dalam beberapa putaran terakhir balapan.

Martin melaju menjauh dari posisi pole, sedangkan Binder menempati posisi ketiga di belakang rekan setimnya, Miller, namun ia berhasil mendahului pembalap Australia tersebut di akhir putaran pertama. Pasangan terdepan ini terus menjauh, namun Binder dengan menggunakan sasis karbon baru, tak dapat menjaga jarak dengan pembalap Spanyol ini.

Pemenang GP Jepang 2022, Miller, menghabiskan sebagian besar balapan untuk mencegah Bagnaia. Bintang Ducati ini mencoba memasuki tikungan dengan mengerem 4 putaran sebelum balapan berakhir, namun Miller berhasil menahan serangannya. Namun, Bagnaia berhasil mengungguli Miller dengan akselerasinya yang kuat tak lama berselang.

Martin telah merebut poin dari Bagnaia selama enam balapan berturut-turut.

Pembalap ketiga dalam klasemen dunia, Marco Bezzecchi, semakin tertinggal. Pembalap tim VR46 ini – yang mengalami kecelakaan besar saat kualifikasi – terpuruk ke posisi keenam pada putaran pertama, kemudian kehilangan satu tempat lagi kepada Johann Zarco.

Namun, pembalap Italia ini berjuang kembali, mengungguli Zarco dan merebut posisi kelima dari Marc Marquez yang mulai melemah pada saat mengerem. Namun, keduanya keluar lintasan, memungkinkan Zarco melewati keduanya.

Marquez, rekan setim Repsol Honda, Joan Mir, adalah mesin Jepang terbaik berikutnya pada posisi ke-13. Fabio Quartararo adalah pembalap Yamaha teratas pada posisi ke-15, setelah terpuruk ke posisi ke-18 pada putaran pembuka.

Aleix Espargaro dari Aprilia pensiun akibat masalah teknis setelah terlihat mengacungkan tangan di trek lurus belakang.

Cal Crutchlow sebagai pembalap wildcard Yamaha dikenai hukuman long lap karena melampaui batas lintasan.

Semua pembalap memilih opsi ban depan keras dan belakang lembut, berjalan pelan ke grid untuk menghemat bahan bakar.

Manajemen Ducati, termasuk Gigi Dall’Igna, terlihat berkumpul di sekitar motor pole Jorge Martin di grid, menunjukkan adanya masalah teknis yang mungkin terjadi.

Namun, mereka segera bubar, nampaknya puas, dengan Dall’Igna memberi tepukan ‘semuanya baik-baik saja’ kepada Danny Aldridge, direktur teknis MotoGP yang sedang menyaksikan.

Pembalap MotoGP juara bertahan, Francesco Bagnaia, datang ke balapan Sprint ini sebagai pemimpin klasemen dengan selisih hanya 13 poin atas Jorge Martin setelah kecelakaan yang mahal di Grand Prix India pada Minggu lalu, di mana Marco Bezzecchi meraih kemenangan dominan yang membuat pembalap tim VR46 ini memangkas selisihnya menjadi 44 poin.

Namun, acara inaugurasi Buddh turut mempengaruhi pembalap tetap, dengan dua pembalap lainnya – Alex Marquez (tulang rusuk) dan Luca Marini (tulang selangka) – mengalami patah tulang yang membuat mereka absen pada putaran Motegi akhir pekan ini.

Alex Rins, yang tidak tampil sejak Mugello pada bulan Mei karena patah kaki, mencoba kembali dalam latihan Jumat sebelum dinyatakan tidak fit karena nyeri pada kaki kanannya.

Pembalap tes HRC, Stefan Bradl, mengambil alih dari Rins, sementara pembalap tes Ducati, Michele Pirro, melanjutkan sebagai pengganti Bastianini di tim Ducati.

Juga di lintasan adalah pembalap tes Yamaha, Cal Crutchlow, yang membuat penampilan wild-card resmi pertamanya sejak pensiun pada akhir 2020. Pria berusia 37 tahun asal Inggris ini tampil dalam sepuluh balapan sebagai pembalap pengganti untuk Yamaha selama 2021 dan 2022, dengan finis balapan terbaiknya di posisi ke-12 di Sepang tahun lalu.

Joan Mir akan memiliki satu prototipe Honda 2024 pada akhir pekan ini, seperti yang diperkenalkan dalam tes Misano, sementara pembalap pabrik KTM, Brad Binder – yang menjadi tercepat pada Jumat – dan Jack Miller akan menggunakan sasis serat karbon terbaru pabrikan.

Related Articles

Leave a Comment

two × four =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.