Home News MotoGP Jorge Martin Mengukir Rekor Lap Baru di Kualifikasi MotoGP Jepang 2023

Jorge Martin Mengukir Rekor Lap Baru di Kualifikasi MotoGP Jepang 2023

by VR46 Fans

Kualifikasi MotoGP Jepang, Motegi – Hasil Kualifikasi Lengkap.

MotoGP Jepang, Motegi – Hasil Kualifikasi Penuh

Pembalap asal Spanyol, Jorge Martin, berhasil mengamankan posisi pole position dengan mencetak rekor putaran tercepat di Motegi pada MotoGP Jepang 2023. Pembalap tim Pramac Ducati tersebut akan dibarengi oleh juara bertahan dan rivalnya dalam perebutan gelar, Francesco Bagnaia, serta Jack Miller yang turun dengan menggunakan mesin baru dari KTM yang dilengkapi dengan rangka serat karbon.

Sayangnya, pembalap yang keluar sebagai pemenang di seri sebelumnya, Marco Bezzecchi, mengalami kecelakaan parah dan terlempar ke tengah kerikil saat melakoni putaran kualifikasi pertamanya. Namun, dia berhasil kembali ke lintasan dengan menggunakan motor cadangan dan berhasil mendapatkan posisi keempat.

Pembalap KTM, Brad Binder, yang menjadi yang tercepat pada hari Jumat harus puas menempati posisi kelima pada sesi kualifikasi. Sementara itu, Fabio di Giannantonio dari tim Gresini akan mengisi posisi keenam di baris kedua.

Marc Marquez, pembalap Repsol Honda, berhasil memimpin pada sesi kualifikasi pertama dan menjadi satu-satunya pembalap yang menggunakan motor buatan Jepang yang mampu melaju ke sesi kualifikasi kedua, di mana dia menempati posisi ketujuh.

Pembalap Yamaha, Fabio Quartararo, yang masih merasa sakit akibat kecelakaan yang terjadi pada hari Jumat, tidak berhasil melaju ke sesi kualifikasi kedua. Dia menjadi salah satu pembalap yang harus puas berada di posisi keempat belas.

Dalam sesi kualifikasi pertama, Marc Marquez dan Raul Fernandez berhasil menjadi yang tercepat dan akan bergabung dalam sesi pole position kualifikasi kedua. Marquez akan menjadi satu-satunya pembalap yang menggunakan motor buatan Jepang di sesi tersebut.

Saat ini, Francesco Bagnaia masih memimpin klasemen sementara dengan keunggulan 13 poin atas Jorge Martin setelah mengalami kecelakaan di Grand Prix India pada pekan lalu. Kemenangan dominan Marco Bezzecchi dalam seri tersebut membuatnya mendekati posisi puncak dengan selisih 44 poin.

Namun, acara Buddh yang baru pertama kali digelar juga menyebabkan beberapa pembalap mengalami cedera. Alex Marquez dan Luca Marini mengalami patah tulang dan bergabung dengan Enea Bastianini yang juga absen pada seri Motegi kali ini. Alex Rins, yang belum balapan sejak bulan Mei akibat patah tulang kaki, mencoba kembali pada latihan Jumat tetapi dinyatakan tidak fit karena masih merasakan sakit di kaki kanannya.

Rider pengujian HRC, Stefan Bradl, akan menggantikan posisi Rins, sedangkan pembalap uji coba Ducati, Michele Pirro, akan tetap menggantikan Bastianini di tim Ducati.

Selain itu, ada juga pembalap pengujian Yamaha, Cal Crutchlow, yang akan tampil sebagai wildcard resmi pertamanya sejak pensiun pada akhir tahun 2020. Pembalap asal Inggris berusia 37 tahun ini sudah melakukan sepuluh start sebagai pembalap pengganti Yamaha selama 2021 dan 2022, dengan hasil terbaiknya adalah finis di posisi ke-12 di Sepang tahun lalu.

Joan Mir akan menggunakan prototipe Honda 2024 pada akhir pekan ini, yang pertama kali diperkenalkan saat uji coba Misano, sementara Brad Binder dan Jack Miller dari tim pabrikan KTM akan menggunakan rangka serat karbon baru dari tim tersebut.

Related Articles

Leave a Comment

two × three =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.