Home News MotoGP Kemenangan Jorge Martin di Balapan Basah MotoGP Jepang

Kemenangan Jorge Martin di Balapan Basah MotoGP Jepang

by Dita

“Pembalap Jorge Martin memenangkan balapan MotoGP Jepang dengan mengalahkan Francesco Bagnaia.”

Pada balapan MotoGP Jepang, intensitas hujan membuat para pembalap sibuk mengganti ban sebelum start. Dengan suhu udara 25 derajat Celcius dan suhu trek 28 derajat Celcius, para pembalap siap untuk melaju. Jorge Martin dan Jack Miller tampil cepat di awal balapan, namun Johann Zarco dan Maverick Vinales mengalami insiden di tikungan pertama.

Kemudian, bendera putih dikibarkan sebagai pertanda para pembalap boleh ganti motor. Miller berhasil merebut posisi terdepan, diikuti oleh Francesco Bagnaia dan Jorge Martin. Meskipun mayoritas pembalap masuk pit lane untuk ganti motor, ada lima pembalap yang tetap bertahan di lintasan, yaitu Michele Pirro, Stefan Bradl, Cal Crutchlow, Fabio Quartararo, dan Franco Morbidelli.

Pembalap Ducati menggunakan kombinasi ban keras dan lunak, yang membuat mereka unggul hingga delapan detik. Namun, mereka memutuskan untuk ganti motor di lap kelima. Aleix Espargaro pun mengambil alih kepemimpinan, diikuti oleh Marc Marquez dan Bagnaia. Di lap tersebut, Martin dan Marco Bezzecchi hampir bersentuhan di tikungan sembilan.

Marquez berhasil menyalip Espargaro dan mendapatkan posisi keempat pada lap 12. Sementara itu, Martin terus menguji kesabaran Bagnaia, dan akhirnya pembalap Pramac Racing asal Spanyol itu berhasil menyalip Bagnaia. Race Direction memberikan long lap penalty kepada Vinales dan Crutchlow karena kesalahan dalam ganti motor.

Hingga lap 7, Martin memimpin dengan selisih 0,7 detik dari Bagnaia. Bagnaia berusaha keras untuk tetap di posisi kedua agar bisa mengamankan posisi puncak klasemen. Pada lap 8, tiga pembalap Ducati berada di tiga besar dengan Bezzecchi di posisi ketiga, diikuti oleh Miguel Oliveira, Marquez, dan Espargaro.

Pada lap 9, Joan Mir dan Jack Miller bertarung sengit untuk posisi ketujuh. Namun, Miller tergelincir di trek basah dan terjatuh ke posisi ke-10. Marquez terus menyalip pembalap lain dan berhasil masuk ke tiga besar. Visibilitas semakin buruk seiring berjalannya waktu, dan Oliveira harus retire karena masalah motor.

Sebelum bendera merah dikibarkan karena cuaca yang semakin buruk, Johann Zarco mengalami kecelakaan parah dan motornya rusak. Zarco dilarang untuk restart karena kembali ke garasinya lebih dari lima menit setelah bendera merah dikibarkan. Vinales dan Oliveira juga harus memulai balapan dari pit lane karena tertinggal satu lap.

Balapan MotoGP Jepang akhirnya dihentikan karena kondisi cuaca yang tidak membaik. Poin penuh diberikan karena balapan sudah berjalan lebih dari 50 persen jarak. Kemenangan ini membuat Martin semakin mendekati Bagnaia dalam tabel klasemen, sementara Marquez menjadi pembalap dengan podium terbanyak sepanjang sejarah MotoGP dengan total 140 podium.

Hasil balapan MotoGP Jepang sebagai berikut:
1. Jorge Martin
2. Francesco Bagnaia
3. Marc Marquez
4. Marco Bezzecchi
5. Aleix Espargaro
6. Fabio Quartararo
7. Joan Mir
8. Jack Miller
9. Johann Zarco
10. Raul Fernandez

Dengan hasil ini, persaingan antara Martin dan Bagnaia semakin seru dalam perebutan gelar juara dunia.

Related Articles

Leave a Comment

three × three =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.