Home News MotoGP Kisah Menegangkan di Balapan India: Jorge Martín Mengatasi Tantangan dan Terhindar dari Sanksi

Kisah Menegangkan di Balapan India: Jorge Martín Mengatasi Tantangan dan Terhindar dari Sanksi

by VR46 Fans

Jorge Martín mengatasi masalah dengan keselematannya dan menghindari hukuman di MotoGP India.

Jorge Martín berhasil meraih posisi kedua dalam balapan panjang di India, namun tidak tanpa drama. Ia mengalami dehidrasi yang membuatnya berjuang sampai batas kemampuannya pada lap-lap terakhir. Setelah finis, ia bahkan pergi ke kotak timnya untuk meminta air dan kemudian harus diperiksa oleh dokter Charte di area tertutup. “Saya tidak bisa melihat,” katanya kepada orang-orang di sekitarnya.

Namun, di tengah situasi yang penuh kecemasan ini, pembalap asal Madrid tetap tenang dan menggunakan keterampilan luar biasa untuk mengatasi dua situasi yang berpotensi mendapatkan hukuman. Posisi kedua Martín berada dalam bahaya, tetapi ia tidak menerima hukuman apa pun berkat keahliannya. Pertama, masalah dengan baju balapnya. Pada satu titik dalam balapan, pada tahap akhir, resleting baju balapnya terbuka. Pembalap Prima Pramac ini, seperti banyak orang, teringat kejadian di Barcelona 2021 ketika Fabio Quartararo mengalami hal serupa dan dihukum dengan tambahan tiga detik pada waktu akhirnya. Namun, Martín berhasil menutupnya kembali dan melepaskan pelindung dadanya.

Semuanya berdasarkan pada pasal 2.4.5.2 dalam peraturan, yang berkaitan dengan “Perlengkapan keselamatan pembalap”. Di sana secara harfiah dikatakan: “Perlengkapan harus selalu terpasang dengan benar selama kegiatan di lintasan”. Berdasarkan aturan ini, Quartararo dihukum, tetapi mengapa Martín tidak? Ada dua alasan: pertama, setelah kejadian tersebut, Mike Webb, direktur balapan, menjelaskan bahwa mereka telah mencapai kesepakatan dengan para pembalap untuk prosedur baru di mana jika para komisaris melihat tindakan seperti ini, mereka akan memanggil pembalap ke kotak tim untuk memperbaikinya atau membiarkan mereka melakukannya di atas motor. Webb juga mengatakan bahwa mereka akan memberikan peringatan melalui layar sebelum menunjukkan bendera yang sesuai, yaitu bendera hitam dengan titik oranye. Hal ini juga terjadi pada Jorge. Pembalap nomor 89 ini menerima peringatan, menyadari situasi tersebut, dan pada lap ke-17, ia berhasil menutupnya kembali. Ia hanya kehilangan satu detik karena itu. “Itu adalah momen kritis. Mungkin saya tidak menutupnya dengan benar. Dalam suhu seperti ini, ada momen-momen yang sedikit kritis. Tapi ketika saya melihat bahwa baju balap saya terbuka, saya berpikir di mana saya harus menutupnya agar tidak terbuka sepenuhnya, dan saya berpikir bahwa di antara tikungan 11 dan 12 mungkin saya kehilangan waktu lebih sedikit daripada di tengah lurus. Saya sedikit kesulitan, tetapi saya berhasil menutupnya dan tidak ada konsekuensi. Tapi saya memikirkan bahwa hal yang sama bisa terjadi seperti yang dialami Quartararo di Montmeló, tetapi saya berhasil mengatasi semua yang terjadi,” ungkapnya kemudian kepada DAZN. Bahkan, pembalap asal San Sebastián de los Reyes ini mengungkapkan masalahnya kepada Fabio dan Bezzecchi di podium. “Baju balap saya terbuka sepenuhnya,” katanya, mengejutkan keduanya, karena Alpinestars telah memperkuat penutupnya dengan dua velcro setelah ‘kasus Quartararo’.

Kejadian lainnya terjadi pada lap terakhir. ‘Martinator’ melewati tikungan keempat. Menurut peraturan, jika pembalap keluar lintasan pada lap terakhir, ia akan mendapatkan hukuman dengan harus melepaskan satu posisi. Jorge diselamatkan oleh dua hal: pertama, saat kembali ke lintasan, ia berada di belakang El Diablo, yang berarti ia sudah melepaskan posisi tersebut, dan kedua, dalam insiden tersebut, ia kehilangan lebih dari dua detik – lap sebelumnya adalah 1:46.2 dan lap ini adalah 1:48.6 -, sehingga sudah dianggap cukup sebagai hukuman. Dalam sebuah ‘briefing’, para peserta sudah diingatkan bahwa mereka akan dihukum jika kehilangannya kurang dari satu detik. Dan ini bukanlah kasusnya.

Ada satu tindakan ketiga yang diperdebatkan oleh beberapa orang: setelah kembali ke belakang Fabio, Martín melancarkan serangan yang sangat agresif dan berhasil mendahului pembalap Prancis tersebut. Ia tidak menyentuhnya, tetapi pada awalnya, Quartararo menunjukkan ketidaksetujuan. Pembalap Yamaha itu sendiri kemudian mengatasi semuanya. “Serangan Jorge bersih, saya tidak bisa melakukan apa-apa, saya tidak memiliki cengkeraman. Itu sepenuhnya adil,” katanya. Bezzecchi, dalam percakapan santai mereka bertiga sebelum naik ke podium, juga tidak memiliki masalah saat melihat rekaman tersebut. “Bagus sekali!” serunya sambil setuju dengan apa yang terjadi.

Related Articles

Leave a Comment

twenty − eighteen =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.