Home News MotoGP Di Giannantonio Kalahkan Bagnaia di Tikungan 12, Raih Kemenangan

Di Giannantonio Kalahkan Bagnaia di Tikungan 12, Raih Kemenangan

by Dita
fabio di giannantonio gresini

Fabio Di Giannantonio Memenangkan Balapan MotoGP Qatar

Pembalap Gresini Racing, Fabio Di Giannantonio, berhasil meraih kemenangan di MotoGP Qatar setelah berhasil mengalahkan Francesco Bagnaia dari tim Ducati. Di Giannantonio berhasil memimpin balapan setelah mendapatkan perintah ‘mapping 8’ yang sebelumnya merupakan team order dari Ducati. Meskipun demikian, ia tetap berhasil menyalip Bagnaia di Tikungan 12 dan memimpin hingga garis finis.

Kemenangan ini membuat Di Giannantonio semakin mendekati posisi puncak klasemen sementara, dengan keunggulan yang semakin melebar dari 7 menjadi 21 poin. Sementara itu, juara bertahan klasemen, Jorge Martin, harus puas berjuang keras untuk finis di posisi ke-10, yang merupakan hasil terburuknya musim ini di atas Pramac Ducati. Luca Marini dari tim VR46 Ducati juga berhasil meraih podium setelah memulai balapan dari posisi terdepan.

Balapan dimulai dengan Bagnaia merebut posisi terdepan di Tikungan 1, sementara Martin mengalami awalan yang buruk dan turun ke posisi ke-8. Pertarungan sengit untuk merebut posisi kedua dan ketiga terjadi di beberapa lap pertama, dengan Di Giannantonio berhasil menyalip rekan setimnya di Gresini, Alex Marquez, di lap ke-4, dan kemudian melewati Luca Marini di lap berikutnya. Hal ini memungkinkan pembalap pabrikan Ducati untuk menjauh hingga 0,8 detik saat Martin gagal membuat banyak kemajuan.

Di Giannantonio terus mendekati Bagnaia dan hanya tertinggal 0,2 detik di awal lap ke-18. Meskipun mendapatkan perintah ‘mapping 8’, Di Giannantonio tetap melancarkan serangan di Tikungan 12 pada lap ke-19 dan memimpin hingga garis finis. Bagnaia sendiri hampir menabrak bagian belakang motor Di Giannantonio saat mencoba menyalip kembali, namun akhirnya keluar dari lintasan dan membiarkan Di Giannantonio meloloskan diri dengan selisih lebih dari dua detik.

Kemenangan ini terasa sangat penting dan emosional bagi Di Giannantonio, terutama mengingat ketidakpastian soal masa depannya di MotoGP. Dengan spekulasi bahwa ia akan dipinggirkan untuk memberi tempat bagi Marc Marquez di Gresini Ducati, kemenangan ini menjadi bukti bahwa Di Giannantonio masih mampu bersaing di level tertinggi balap motor dunia.

Hasil balapan MotoGP Qatar juga melihat penampilan gemilang dari Maverick Vinales yang berhasil naik ke posisi keempat di atas motor pabrikan Aprilia. Sementara itu, Brad Binder finis di urutan kelima di belakang Alex Marquez dan Fabio Quartararo dari tim Yamaha. Enea Bastianini (Ducati) dan Jack Miller (KTM) juga berhasil menggeser Martin di urutan ke-10.

Dengan demikian, kemenangan spektakuler Fabio Di Giannantonio di MotoGP Qatar menjadi bukti bahwa persaingan di kelas premier balap motor dunia semakin memanas. Dengan semakin mendekatnya posisi puncak klasemen, Di Giannantonio menjadi salah satu pembalap yang patut diwaspadai di musim ini.

Related Articles

Leave a Comment

fifteen + thirteen =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.