Home News MotoGP PrustelGP Mundur dari Kejuaraan Dunia Moto3 2024

PrustelGP Mundur dari Kejuaraan Dunia Moto3 2024

by Dita
1700961523 joel kelso prustel gp

Tim PrustelGP Mengundurkan Diri dari Kejuaraan Dunia Moto3

Kabar buruk datang dari dunia balap Moto3 di akhir musim GP Valencia. Tim PrustelGP mengumumkan bahwa mereka akan mengundurkan diri dari Kejuaraan Dunia Moto3 dan tidak akan berkompetisi lagi pada 2024. Keputusan ini disampaikan oleh bos tim, Florian Prustel, kepada para anggota tim pada Jumat (24/11/2023) malam. Florian Prustel menyatakan bahwa keputusan untuk meninggalkan Kejuaraan Dunia bukanlah hal yang mudah bagi tim, mengingat investasi waktu, semangat, dan komitmen yang telah diberikan selama beberapa tahun terakhir.

PrustelGP, yang sebelumnya dikenal sebagai Racing Team Germany, memiliki sejarah panjang dalam dunia balap. Tim ini didirikan oleh mantan pembalap Dirk Heidolf pada tahun 2008. Pada tahun 2016, Prustel memperluas keterlibatannya dalam tim ini, namun pada saat itu tim dipimpin oleh Terrell Thien dan menggunakan motor Peugeot (Mahindra). Pada tahun 2018, perusahaan logistik Prustel yang berbasis di Sachsenring mengambil alih kendali penuh atas tim balap ini, termasuk manajemen, dan tim ini pun berganti nama menjadi PrustelGP. Selain itu, kerja sama dijalin dengan produsen motor KTM.

Musim pertama PrustelGP sebagai tim penuh merupakan musim yang paling sukses bagi mereka. Marco Bezzecchi berhasil memenangi tiga balapan dan berjuang untuk gelar juara dunia untuk waktu yang lama. Meskipun akhirnya Bezzecchi berada di posisi ketiga di Piala Dunia, kesuksesan ini tetap menjadi pencapaian yang membanggakan bagi tim. Namun, pada tahun-tahun berikutnya, PrustelGP tidak mampu memenangkan Grand Prix lagi.

Tahun 2021 menjadi tahun yang sulit bagi tim balap ini. Jason Dupasquier dari Swiss mengalami kecelakaan fatal saat kualifikasi Grand Prix Italia di Mugello. Meskipun menghadapi tragedi ini, PrustelGP tetap melanjutkan perjalanan mereka. Pada tahun 2022, tim ini menjalin kerja sama dengan merek Cina CFMoto, sementara tetap menggunakan motor dari KTM. Meskipun demikian, kesuksesan lama tidak dapat dibangun kembali, meskipun Joel Kelso berhasil naik podium pada musim ini.

Pada akhir September 2023, Xavier Artigas dan Riccardo Rossi diperkenalkan sebagai pembalap untuk Moto3 2024. Namun, dengan keputusan untuk menutup tim, kedua pembalap tersebut kini berada di luar tim. Saat ini belum jelas apakah ada tim lain yang akan mengambil alih posisi start yang ditinggalkan oleh PrustelGP. Dengan keputusan ini, tim Jerman ini akan bergabung dengan Kiefer Racing sebagai tim Jerman lainnya yang meninggalkan Kejuaraan Dunia Moto3.

Dengan kepergian PrustelGP, hanya menyisakan IntactGP dengan masing-masing satu tim di kelas Moto3 dan Moto2. Kepergian tim balap ini meninggalkan kesan yang mendalam bagi dunia Moto3, terutama dengan sejarah dan pencapaian yang pernah mereka raih. Meskipun begitu, PrustelGP menyatakan bahwa mereka tidak menutup kemungkinan untuk bertemu lagi sehubungan dengan merek ini di masa depan. Mereka juga mengucapkan terima kasih kepada semua sponsor, mitra, dan penggemar atas dukungan yang telah diberikan selama bertahun-tahun. Dengan demikian, dunia Moto3 akan selalu merindukan kehadiran PrustelGP di lintasan balap.

Related Articles

Leave a Comment

8 + five =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.