Home News MotoGP Luca Marini Bergabung dengan Tim Pabrikan Honda untuk Musim 2024-2025

Luca Marini Bergabung dengan Tim Pabrikan Honda untuk Musim 2024-2025

by Dita

Luca Marini Resmi Bergabung dengan Tim Pabrikan Honda untuk Musim 2024 dan 2025

Pada Oktober lalu, Marc Marquez mengumumkan bahwa ia akan meninggalkan Honda pada akhir musim 2023 untuk bergabung dengan Gresini Ducati, mengakhiri kemitraan 11 tahun yang telah menghasilkan 59 kemenangan dan enam gelar juara dunia. Honda awalnya menyoroti Miguel Oliveira sebagai favorit untuk menggantikan Marquez. Tetapi hal ini, tidak terjadi ketika Honda bersikeras hanya menawarkan kontrak satu tahun untuk menjaga agar pilihannya tetap terbuka hingga 2025.

Fabio Di Giannantonio kemudian masuk dalam bursa kandidat potensial berikutnya, setelah kehilangan posisi di Gresini Ducati karena kalah bersaing dengan Marquez. Di Grand Prix Malaysia, bos tim Honda, Alberto Puig, mengonfirmasi bahwa tim sedang mempertimbangkan tiga opsi: Di Giannantonio, Marini dan Pol Espargaro. Espargaro, yang membalap untuk Honda pada 2021 dan 2022, dengan cepat memilih untuk tetap bersama KTM sebagai pebalap penguji tahun depan, sementara Marini menjadi favorit.

Yang menarik, terlepas dari pendekatan awalnya, Honda telah menawarkan Marini kontrak dua tahun untuk bergabung dengan tim pabrikannya pada 2024, bergabung dengan Joan Mir musim depan. Marini memulai debut MotoGP-nya pada 2021 bersama tim Avintia yang didukung VR46, sebelum skuadnya melangkah ke kelas utama secara penuh pada 2022 bersama Marini dan Marco Bezzecchi. Mencetak dua podium grand prix pada 2023, Marini telah menandatangani komitmen untuk tetap bersama VR46 selama satu musim lagi pada 2024 sebelum opsi Honda muncul.

“Honda Racing Corporation dengan bangga mengumumkan penandatanganan Luca Marini untuk musim Kejuaraan Dunia MotoGP 2024 dan 2025,” demikian pernyataan Honda. “Pembalap berusia 26 tahun itu bergabung dengan kelas utama pada 2021 setelah meraih enam kemenangan dan 15 podium di Kejuaraan Dunia Moto2, finis sebagai runner-up pada 2020. Sejak bergabung dengan kelas utama, Marini telah meraih dua podium grand prix, dua pole position, dan empat podium Sprint Race pada 2023. Dia akan bergabung dengan Joan Mir di tim pabrikan dengan kontrak selama dua tahun.” Marini akan menjajal motor Honda untuk pertama kalinya pada Selasa di tes pascamusim Valencia, di mana Marc Marquez juga akan melakukan debut pertamanya di atas Ducati.

Kepindahan Marini ke tim pabrikan Honda memperbarui hubungan Valentino Rossi dengan pabrikan Jepang itu setelah 20 tahun sejak terakhir kali membalap untuk HRC. Rossi memenangi tiga dari tujuh gelar bersama Honda antara tahun 2001 dan 2003, sebelum akhirnya hengkang untuk bergabung dengan Yamaha pada 2004. Di Giannantonio diperkirakan akan menggantikan posisi Marini di tim VR46 musim depan, setelah ia sempat digoda selama akhir pekan di GP Valencia. Selama akhir pekan di Qatar, direktur tim VR46, Uccio Salucci, mengatakan bahwa Di Giannantonio bukanlah pilihan untuk tahun 2024 – sebelum pembalap asal Italia itu memenangi grand prix pertamanya di Losail.

Dengan bergabungnya Luca Marini ke tim pabrikan Honda untuk musim 2024 dan 2025, harapannya adalah Marini dapat memberikan kontribusi yang signifikan bagi tim dan meraih kesuksesan yang lebih besar di ajang MotoGP. Semoga keputusan Honda untuk merekrut Marini menjadi langkah yang tepat dan membawa hasil yang memuaskan bagi kedua belah pihak.

Related Articles

Leave a Comment

2 × 3 =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.