Home News MotoGP Kontroversi Tim RNF: Razali Bantah Rumor Masalah Keuangan

Kontroversi Tim RNF: Razali Bantah Rumor Masalah Keuangan

by Dita
massimo rivola aprilia racing

Tim RNF mengalami masa sulit selama akhir pekan Grand Prix Valencia. Berbagai media melaporkan adanya masalah keuangan dan potensi pengambilalihan oleh Trackhouse Racing. Namun, tim membantah rumor tersebut melalui siaran pers yang dikeluarkan pada Sabtu (25/11/2023). Mereka juga menyatakan bahwa keputusan Razlan Razali untuk tidak menjadi bagian dari manajemen tim diambil lebih dari satu bulan yang lalu karena tekanan dari pemegang saham setelah kinerja buruk dan keputusan keuangan.

Pada Senin, Dorna Sports mengumumkan bahwa mereka tidak akan melanjutkan kerja sama dengan RNF sebagai tim resmi MotoGP pada 2024. Hal ini dikarenakan adanya pelanggaran berulang dan pelanggaran terhadap Perjanjian Partisipasi yang mempengaruhi citra publik MotoGP. Razali membantah semua rumor yang beredar dan mengatakan bahwa semua yang telah dikomunikasikan secara resmi oleh tim dan CryptoDATA hingga saat ini adalah salah. Ia juga menjelaskan bahwa ia mengundurkan diri sebagai direktur RNF Racing dua atau tiga pekan yang lalu, bukan dicopot atau dipecat.

Pada Minggu, CryptoDATA dilaporkan menunjukkan kepada seorang jurnalis Portugal sebuah dokumen yang mengonfirmasi kesalahan pengeluaran Razali. Namun, Razali membela diri terhadap tuduhan tersebut dan mengatakan bahwa itu merupakan upaya untuk mendiskreditkannya. Ia juga mengkonfirmasi bahwa ada tagihan yang belum dibayar untuk semua pemasok, namun tidak mau berkomentar berapa jumlah totalnya.

Motorsport.com juga telah menghubungi Dorna Sports untuk mengomentari situasi ini, khususnya rumor bahwa mereka belum menerima pembayaran dari CryptoDATA. Sebuah sumber dari tim mengklaim bahwa kurangnya pembayaran kepada Dorna berasal dari perjanjian CryptoDATA sebagai sponsor utama GP Austria, dan mereka tidak membayar semua yang telah disepakati.

Razali membela proses uji tuntas Dorna atas CryptoDATA, tetapi mencatat bahwa “mereka tidak hanya mengusir orang semata-mata untuk mengusir orang (dari paddock). Ini menakutkan bagi tim MotoGP lain dan calon investor, jadi harus ada dasar yang kuat bagi mereka untuk mengambil keputusan itu.” Ia menambahkan bahwa uji tuntas telah dilakukan oleh pihak Dorna untuk menerima mereka menjadi mitra Spielberg Grand Prix, dan mereka menandatangani kontrak selama tiga tahun.

Pada akhirnya, Razali tidak ingin bertarung untuk mempertahankan sahamnya di tim. Ia ingin membebaskan diri darinya karena RNF adalah tim yang dinamai berdasarkan nama anak-anaknya dan ia tidak ingin merusak nilai sentimental yang dimiliki tim ini untuknya. Elemen kunci lain yang membuat Razali ingin istirahat sejenak adalah karena timnya mewakili pasar utama balap motor, dengan tim-tim Asia yang tidak terlalu terwakili di ajang balap motor kelas atas.

Aprilia belum berkomentar secara terbuka tentang situasi siapa yang akan mendapatkan motor satelitnya pada 2024. Kedua pembalap RNF, Miguel Oliveira dan Raul Fernandez, dikontrak langsung oleh Aprilia, sehingga posisi mereka di grid MotoGP 2024 sudah aman. Motorsport.com telah mengetahui bahwa tim NASCAR, Trackhouse Racing, akan mengambil alih slot grid dari RNF musim depan.

Related Articles

Leave a Comment

13 − 2 =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.