Home Otomotif Tips Berkendara Motor Saat Hujan dengan Aman

Tips Berkendara Motor Saat Hujan dengan Aman

by Rohmat Ali
Tips Berkendara Motor Saat Hujan jpg

Tips Berkendara Motor Saat Hujan: Perlindungan dan Keselamatan.

Tips Berkendara Motor Saat Hujan

Hujan telah mulai turun menjelang akhir tahun 2023 ini. Bagi para pengguna sepeda motor, penting untuk waspada dan berhati-hati saat berkendara di jalan. Hal ini memerlukan penerapan teknik keselamatan berkendara (safety riding) yang tepat serta tetap mematuhi protokol kesehatan.

Menghadapi kondisi hujan, Yamaha berbagi tips berkendara sepeda motor saat hujan yang dapat diterapkan oleh pengendara.

1. Persiapan Perlengkapan
Para pengendara wajib mempersiapkan jas hujan yang sesuai dengan ukuran badan, serta memilih model setelan (atasan dan bawahan) yang disarankan untuk digunakan saat hujan. Disarankan juga untuk menggunakan helm dengan visor bening, karena saat hujan visor helm dapat berkabut dan mengganggu fokus saat berkendara. Selain itu, penggunaan sepatu karet lebih disarankan daripada sandal, untuk memaksimalkan perlindungan kaki. Hindari melakukan pengereman secara mendadak dan keras, karena saat kondisi hujan cengkraman ban ke jalan berkurang. Selain itu, pastikan untuk memilih perlengkapan berkendara yang berwarna terang agar mudah terlihat oleh pengendara lain, sehingga ikut mendukung keselamatan berkendara.

2. Penguasaan Kondisi Jalan
Pengendara sepeda motor perlu memperhatikan faktor-faktor keselamatan lainnya ketika berkendara saat hujan. Penting untuk menjaga jarak aman dengan kendaraan di sekitar, karena saat hujan membutuhkan jarak pengereman yang lebih panjang. Selain itu, perhatikan juga kondisi jalan, terutama perhatikan jalur yang berpotensi banjir dan genangan air. Hal ini agar pengendara dapat menghindari jalur tersebut dan tetap menjaga keseimbangan saat melintasi genangan air.

3. Pengendalian Kecurigaan
Pengendara sepeda motor juga perlu memperhatikan kendaraan lain di sekitar. Selalu waspada terhadap kondisi lalu lintas yang mungkin lebih rumit saat hujan. Pastikan untuk lebih fokus dan meningkatkan kewaspadaan terhadap pengguna jalan lainnya. Mengendarai sepeda motor dengan kecepatan yang wajar dan menghindari manuver yang berisiko saat hujan adalah hal yang sangat diperlukan untuk mengurangi risiko kecelakaan.

Diharapkan dengan menerapkan tips di atas, para pengendara sepeda motor dapat tetap aman berkendara meskipun dalam kondisi hujan. Tetap mematuhi aturan keselamatan berkendara dan selalu waspada terhadap kondisi jalan serta pengguna jalan lainnya sangat penting untuk mengurangi risiko kecelakaan. Yuk, jaga keselamatan saat berkendara!

Related Articles

Leave a Comment

18 − 14 =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.