Home News MotoGP RNF Racing Ditolak dari MotoGP, Trackhouse Racing Siap Gantikan

RNF Racing Ditolak dari MotoGP, Trackhouse Racing Siap Gantikan

by Dita
1701147019 raul fernandez rnf motogp raci

MotoGP 2023: RNF Racing Dilarang Melanjutkan di Grid MotoGP Tahun Depan

Pada Senin (27/11/2023), Dorna Sports – pemegang hak komersial MotoGP – mengumumkan bahwa mereka tidak akan mengizinkan RNF Racing untuk melanjutkan sebagai tim di grid tahun depan. Keputusan ini diambil karena adanya pelanggaran berulang dan pelanggaran terhadap Perjanjian Partisipasi yang mempengaruhi citra publik MotoGP.

Mantan bos dan direktur tim RNF, Razlan Razali, menyalahkan penolakan tim dari MotoGP kepada CryptoDATA dan menegaskan bahwa ada pemasok yang belum dibayar. Hal ini menyusul laporan selama akhir pekan Grand Prix Valencia bahwa tim – dan khususnya mitra utama dan pemegang saham mayoritas CryptoDATA – berada dalam masalah keuangan dan pengambilalihan dari perusahaan Amerika mungkin terjadi.

Dalam pernyataan Dorna, disebutkan bahwa “Komite Seleksi akan meninjau aplikasi untuk Tim Independen baru, yang menggunakan mesin Aprilia, untuk bergabung dengan grid kelas MotoGP 2024.”

Trackhouse Racing, Tim Pengganti RNF di MotoGP

Trackhouse Racing, tim asal Amerika Serikat yang dimiliki oleh Justin Marks dan Armando Christian Perez (Pitbull), akan mengajukan permohonan resmi untuk bergabung dengan grid MotoGP. Mereka akan menyewa dua slot grid yang dikosongkan oleh RNF dan harus memenuhi semua persyaratan Dorna agar dapat dilihat sebagai opsi yang layak.

Trackhouse memulai debutnya di NASCAR Cup Series di Daytona 500 2021 dan sejak itu telah mencetak lima kemenangan bersama Ross Chastain dan Daniel Suarez serta kemenangan bersejarah di Chicago bersama Shane van Gisbergen tahun ini. Para investor Trackhouse ingin tim ini berekspansi ke luar Amerika Utara dan ke pentas dunia, dan mereka melihat MotoGP sebagai tempat yang tepat untuk mewujudkannya.

Hubungan Kerja Sama Antara Trackhouse dan Aprilia

Trackhouse akan menjalin hubungan kerja sama yang lebih erat dengan Aprilia dibandingkan dengan RNF. Mereka berencana untuk mengajukan permohonan resmi untuk bergabung dengan grid MotoGP dan harus memenuhi semua persyaratan Dorna agar dapat dilihat sebagai opsi yang layak. Para investor Trackhouse ingin tim ini berekspansi ke luar Amerika Utara dan ke pentas dunia, dan mereka melihat MotoGP sebagai tempat yang tepat untuk mewujudkannya.

Aprilia sedang berusaha untuk menyediakan salah satu dari dua pembalap – antara Miguel Oliveira dan Raul Fernandez, yang dikontrak langsung oleh pabrikan – dengan motor 2024. Namun, mengingat waktu yang sempit untuk mengumpulkan semua sumber daya untuk membuat motor pabrikan ketiga, hal ini bukanlah jaminan. Proyek Trackhouse dijadwalkan akan hadir pada 2025, tetapi sekarang telah dipercepat karena masalah RNF – oleh karena itu tidak ada komitmen untuk dua motor pabrikan musim depan.

RNF Racing Tetap Berada di Bawah Bendera Trackhouse

Tim RNF saat ini akan tetap berada di bawah bendera Trackhouse, mengingat pengetahuannya tentang Aprilia yang sudah ada sejak tahun ini, sementara semua aspek komersial akan ditangani oleh tim. Pada tes Valencia, Selasa, Raul Fernandez akan mengendarai Aprilia dengan mekanik resmi dari pabrikan, sementara tim RNF akan menjalani libur musim dingin sebelum mendapatkan kontrak baru dengan Trackhouse di tahun baru.

Dengan demikian, keputusan Dorna untuk tidak mengizinkan RNF Racing melanjutkan sebagai tim di grid MotoGP tahun depan telah membuka jalan bagi Trackhouse Racing untuk mengajukan permohonan resmi untuk bergabung dengan grid. Hal ini menandai babak baru dalam dunia MotoGP, dengan harapan bahwa kehadiran Trackhouse akan membawa angin segar dan persaingan yang lebih sengit di pentas balap motor dunia.

Related Articles

Leave a Comment

2 × three =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.