Home News MotoGP Uji Coba MotoGP 2024: Quartararo Puji Aerodinamika Yamaha

Uji Coba MotoGP 2024: Quartararo Puji Aerodinamika Yamaha

by Dita
Quartararo

Uji coba yang digelar Selasa (28/11/2023) di Valencia, menandai tes pertama musim 2024 yang sesungguhnya, dengan Maverick Vinales dari Aprilia memimpin. Setelah sambutan yang kurang baik untuk prototipe 2024 pertamanya – dan terutama mesinnya – di Misano pada September, Quartararo berakhir dengan catatan waktu 0,769 detik di urutan ke-12, meskipun tanpa melakukan time attack yang tepat.

Karena peraturan konsesi baru yang diumumkan pada Senin, Quartararo akan memiliki tiga hari tes tambahan pada musim dingin 2024 karena ia akan dapat mengambil bagian dalam shake down di Sepang pada Februari.

Yamaha juga akan dapat melakukan pengujian bersamanya di musim ini dan dengan bebas mengembangkan mesinnya. Quartararo mengaku senang bisa mengambil peran tambahan dalam pengujian ini, namun ia mengaku kecewa karena tidak bisa mengambil langkah yang lebih besar pada Selasa di Valencia.

“Ya, tentu saja, saya berharap lebih dari… itu bukan ekspektasi yang besar dari tes ini,” jawabnya saat ditanya oleh Motorsport.com apakah dia kecewa dengan Yamaha 2024 terbaru, meskipun dia memiliki lebih banyak pilihan untuk mengembangkannya. “Namun, Anda selalu berusaha untuk tampil maksimal dan tentu saja, bagi saya, ini adalah sebuah peningkatan.

Kenyataannya, kami masih sama seperti sebelumnya. Tapi, memang benar bahwa saya sebagai pembalap, saya ingin membalap dan berjuang untuk meraih kemenangan. Jika saya harus melakukan tes ekstra untuk benar-benar tampil, saya senang melakukannya. Tapi, kami harus bekerja keras dan memiliki ide yang nyata tentang apa yang kami butuhkan untuk kembali.”

Ia menambahkan, “Jika itu cukup (tes tambahan), saya tidak tahu. Namun bagi saya, sangat penting untuk lebih dekat dengan mereka. Maksud saya, jarak saat ini masih terlalu besar.

Tentu saja, hari ini kami tidak melaju dari satu lap atau apa pun. Tapi, tetap saja kami masih sangat, sangat jauh dari yang kami inginkan. Saya berharap tiga hari ekstra di Malaysia ini akan membuat kami lebih dekat di Qatar.”

Quartararo memuji aerodinamika prototipe yang dicobanya dan mengatakan bahwa mesin tersebut merupakan langkah kecil dari apa yang dia coba di Misano, tetapi tidak ada yang besar. “Jadi, motor baru ini memiliki banyak pekerjaan yang harus dilakukan hari ini, terutama di sisi aero,” katanya, seraya menambahkan bahwa aero fairing bukanlah versi terakhir dari serat karbon karena masih baru.

“Saya pikir kami telah membuat sebuah langkah di area ini, dan itu positif. Tapi, itu sedikit mengubah keseimbangan motor. Kami tidak punya cukup waktu (untuk mengerjakannya) karena pagi ini, kami baru mulai satu jam kemudian. Saya pikir kami harus menyesuaikan setelan motor. Kami mencoba sasis baru, tapi tidak terlalu bagus. Mesinnya sangat mirip, sedikit lebih baik tapi hanya sedikit.”

Yamaha bekerja sama dengan mantan kepala mesin Formula 1, Luca Marmorini, pada motornya untuk 2024 sebagai bagian dari upaya untuk membawa mentalitas yang lebih berpusat di Eropa ke dalam tim Jepang. Ditanya apakah dia merasa ada perubahan ke arah ini pada hari Selasa, Quartararo menambahkan, “Saya pikir mereka mengubah mentalitas mereka.

Kami semakin dekat dengan (mentalitas) Eropa, yang kami inginkan, semuanya (berkembang) lebih cepat. Saya pikir momen yang lebih penting adalah dari Februari hingga Juli. Bulan-bulan ini akan sangat penting untuk benar-benar meningkatkan motor, melakukan pembaruan dengan sangat cepat dan ini akan menjadi momen penting untuk melihat mentalitas mereka.”

Related Articles

Leave a Comment

eleven − 3 =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.