Home News MotoGP Marquez Beralih ke Ducati: Langkah Berani Menuju Tantangan Baru

Marquez Beralih ke Ducati: Langkah Berani Menuju Tantangan Baru

by Dita

Marc Marquez, Juara Dunia MotoGP delapan kali, akan membalap untuk tim Gresini dengan motor Ducati Desmosedici GP23 pada musim 2024. Ini merupakan langkah baru bagi Marquez setelah kemitraannya dengan Honda selama 11 tahun berakhir lebih cepat dari yang diharapkan. Tes pertama Marquez dengan Ducati di Valencia pada bulan November lalu menjadi berita utama, karena ia berhasil menempati urutan keempat secara keseluruhan dan hanya terpaut 0,171 detik dari catatan waktu tercepat. Meskipun sebelumnya manajer umum Ducati, Gigi Dall’Igna, mengatakan bahwa “posisi Ducati jelas tidak menginginkan Marquez”, hal ini tidak menghentikan manajemen senior Ducati untuk menyatakan ketertarikannya pada apa yang dilakukan Marquez dalam tes tersebut dan apa yang bisa ia berikan kepada pabrikan sebagai pembalap 2024.

Pada konferensi pers di Madrid pada Rabu (10/1/2024), Marquez menegaskan bahwa ia tidak pernah merasa tidak diinginkan oleh Ducati. Ia menyatakan, “Saya tidak pernah memiliki perasaan itu, karena jika tidak, saya tidak akan mengambil langkah ini. Anda tidak akan pergi ke merek yang tidak mencintai Anda. Saya selalu berusaha menghindari berita utama. Saya selalu mendapat dukungan penuh dari Gresini, mereka selalu memberikan waktu untuk saya. Itulah mengapa saya mengambil langkah ini.”

Meskipun komentar Dall’Igna sebelum tes di Valencia menunjukkan ketidaksetujuan terhadap kehadiran Marquez di Ducati, mantan direktur olahraga Ducati, Paolo Ciabatti, mengatakan bahwa Marquez sangat layak untuk mendapatkan posisi di tim pabrikan pada tahun 2025. Menatap musim 2024, Marquez mengakui bahwa ekspektasi sangat tinggi, namun bisa lolos dari itu semua adalah kuncinya saat ia beradaptasi dengan Ducati. “Ekspektasi sudah sangat tinggi. Dan salah satu tugas saya tahun ini, termasuk Alex (Marquez), adalah melepaskan diri dari semua itu. Ekspektasi memang tinggi, tapi tetap saja sulit, bahkan lebih sulit dari sebelumnya. Saya akan memberikan yang terbaik, Anda tahu saya, tapi saya tak bisa memberikan ekspektasi sebelum memulai musim ini.”

Marquez juga menekankan pentingnya konsistensi dalam performa balapnya. Ia mengatakan, “Jika motornya bagus, pembalap akan lebih mudah beradaptasi. Namun, hal yang tidak diketahui dari menjadi cepat adalah konsistensi. Saya bisa cepat di sirkuit tertentu, saya pikir begitu. Tapi saya tidak tahu apakah saya bisa cepat secara konsisten di semuanya. Itu adalah perbedaan antara (Francesco) Bagnaia dan (Jorge) Martin dengan pembalap lain yang cepat, tapi tidak konsisten.”

Dengan langkah baru ini, Marquez akan menjadi salah satu pembalap yang patut diperhatikan pada musim 2024. Bersaing dengan pembalap-pembalap lainnya, Marquez akan berusaha menunjukkan kemampuannya dengan motor Ducati Desmosedici GP23. Meskipun awalnya ada keraguan dari pihak Ducati, Marquez yakin bahwa keputusannya untuk bergabung dengan Gresini dan Ducati adalah langkah yang tepat. Semua mata akan tertuju pada performa Marquez di musim 2024, apakah ia akan mampu bersaing di puncak klasemen atau menghadapi tantangan baru yang harus diatasi. Hanya waktu yang akan menjawab semua pertanyaan tersebut, dan para penggemar MotoGP pun tak sabar menanti aksi dari Marc Marquez di trek balap.

Related Articles

Leave a Comment

fourteen + 7 =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.