Home Otomotif Daftar Mobil China yang Ramai di Pasar Otomotif Indonesia

Daftar Mobil China yang Ramai di Pasar Otomotif Indonesia

by Rohmat Ali
byd 1 169 jpeg

Mobil-mobil China semakin meramaikan pasar otomotif Indonesia. Baru-baru ini, BYD menambah daftar mobil China yang hadir di Indonesia dengan meluncurkan tiga mobil listrik sekaligus. Hal ini menunjukkan bahwa mobil-mobil China semakin meningkat popularitasnya di Tanah Air. Dalam enam tahun terakhir, mobil China kian masif meramaikan jagat otomotif Indonesia. Mari kita bahas beberapa daftar mobil China yang sudah menjual mobilnya di Indonesia.

1. Wuling
Wuling perdana unjuk gigi di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016. Berlanjut pada tahun 2017, Wuling meluncurkan mobil perdananya lewat Confero. Kehadiran Wuling juga seolah menjadi pertanda kembalinya mobil China di Indonesia. Tak berhenti sampai di situ, Wuling terus menghadirkan inovasi lewat mobil-mobil garapannya. Jenisnya juga beragam, tidak hanya mobil bermesin konvensional, hybrid, hingga mobil bertenaga listrik pun tersedia. Mobil listrik yang disajikan Wuling juga mencuri perhatian. Bentuknya mungil dan menjadi mobil listrik pertama di Indonesia yang dijual dengan banderol Rp 300 juta lewat Air ev. Wuling juga belum lama ini merilis mobil listrik BinguoEV sebagai pilihan baru masyarakat Indonesia. Untuk pertama kalinya juga Wuling memberikan garansi seumur hidup untuk baterai mobil listriknya.

2. DFSK
Menyusul Wuling, DFSK hadir pada tahun 2018. Menariknya, pada permulaan DFSK justru meramaikan pasar Indonesia dengan mobil komersial. Setelahnya, DFSK merilis lini SUV-nya untuk masyarakat. DFSK juga menghadirkan mobil komersial bertenaga listrik. Boleh dibilang ini yang pertama di Indonesia. Tak mau ketinggalan di pasar mobil listrik penumpang, DFSK juga baru-baru ini meluncurkan mobil listrik Seres E1. Dari bentuknya, mobil ini menjadi rival Wuling Air ev.

3. Chery
Nama Chery memang bukan terhitung sebagai pendatang baru. Tahun 2022 merupakan kali ketiga Chery resmi kembali meramaikan industri otomotif Tanah Air. Bedanya, Chery kini menyasar segmen premium. Bisa dilihat dari deretan mobil yang dihadirkan Chery memiliki fitur ala mobil Eropa. Namun soal harga, terbilang masih kompetitif dibandingkan dengan deretan mobil Jepang. Chery juga mulai merambah pasar mobil listrik dalam negeri. Baru-baru ini Chery meluncurkan mobil listrik yang dirakit di Indonesia.

4. Maxus
Maxus menggebrak pasar roda empat Indonesia dengan MPV premium bertenaga listrik MIFA 9. Bila melihat penempatan harga yang tembus Rp 1,4 miliar, MIFA 9 menyasar masyarakat di segmen menengah ke atas.

5. Great Wall Motors
Great Wall Motors juga memastikan diri bakal mengisi pasar otomotif Indonesia. Pada ajang GIIAS 2023, Great Wall Motors langsung mengenalkan tiga merek di bawah naungannya yaitu Haval, Tank, dan Ora. Great Wall Motor (GWM) hadir di Indonesia di bawah naungan Inchape dan Indomobil.

6. Neta
Neta juga turut meramaikan pasar mobil listrik di Indonesia. Pabrikan di bawah naungan Hozon Auto itu juga memberikan penawaran menarik untuk masyarakat Indonesia. Mobil listrik perdana Neta itu dijual dengan banderol di bawah Rp 400 juta. Neta juga memberikan garansi seumur hidup untuk baterai mobil listriknya.

7. BYD
Membuka awal tahun 2024, BYD menambah panjang daftar mobil China di Indonesia. Tak tanggung-tanggung, ada tiga mobil yang diluncurkan BYD secara bersamaan. Keseluruhan mobil BYD yang diluncurkan di Indonesia itu mengusung tenaga listrik. BYD bukanlah pemain baru dalam industri mobil listrik global. Pabrikan yang bermarkas di Shenzen itu bahkan baru-baru ini menggusur Tesla dari posisi mobil listrik terlaris di dunia. Ya, BYD menempati urutan satu mobil listrik paling laris seantero bumi.

Dengan kehadiran beragam mobil China di Indonesia, kini konsumen memiliki pilihan yang lebih luas dalam memilih mobil yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan mereka. Semakin berkembangnya teknologi mobil listrik, diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap lingkungan. Terlebih lagi, harga yang ditawarkan oleh mobil-mobil China juga terbilang kompetitif, sehingga dapat menjadi alternatif yang menarik bagi konsumen di Indonesia. Maka dari itu, tidak heran jika mobil-mobil China semakin meramaikan pasar otomotif Tanah Air. Semoga keberadaan mobil-mobil China dapat memberikan kontribusi positif dan membawa inovasi baru dalam industri otomotif Indonesia. Semoga artikel ini dapat memberikan wawasan baru kepada pembaca mengenai perkembangan industri otomotif di Indonesia.

Related Articles

Leave a Comment

one × 5 =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.