Home News MotoGP Trackhouse Racing: Tim Baru MotoGP dengan Skema Warna Mencolok

Trackhouse Racing: Tim Baru MotoGP dengan Skema Warna Mencolok

by Dita

Trackhouse Racing: Tim Baru yang Menjadi Sorotan di MotoGP

Sebuah kejutan besar terjadi di dunia MotoGP pada akhir musim 2023, ketika tim RNF Racing mengumumkan kebangkrutannya. Tim yang dikelola oleh Razlan Razali ini harus menyerahkan slot gridnya kepada tim asal Amerika Serikat, Trackhouse Racing. Hal ini tentu saja mengejutkan banyak pihak, terutama karena alasan kebangkrutannya yang terkait dengan pelanggaran dan keterlambatan pembayaran tagihan kepada kejuaraan dan pemasok.

RNF Racing sebelumnya telah dikenal sebagai tim yang menjanjikan, namun sayangnya hal-hal di luar lintasannya yang terjadi membuat mereka harus menyerahkan tempatnya di grid MotoGP 2024. Alasan kebangkrutannya pun menjadi sorotan utama dalam wawancara Razlan Razali dengan Motorsport.com. Ia menyalahkan mitra utama dan pemegang saham mayoritas tim, CryptoDATA, atas kegagalan timnya. Hal ini tentu menjadi pelajaran berharga bagi tim-tim lainnya dalam mengelola keuangan dan kerja sama dengan mitra.

Namun, kejutan lain datang dari kebangkrutan RNF Racing. Tim NASCAR, Trackhouse Racing, yang sebelumnya berencana untuk ikut serta dalam MotoGP pada 2025, memutuskan untuk mempercepat debutnya menjadi tahun 2024 dengan mengakuisisi tim RNF. Keputusan ini tentu saja menjadi angin segar bagi para penggemar MotoGP, karena kehadiran tim asal Amerika Serikat ini diharapkan dapat memberikan warna baru dalam persaingan di lintasan.

Dengan mengakuisisi tim RNF, Trackhouse Racing juga mempertahankan semua personel dan struktur RNF, serta pembalap Miguel Oliveira dan Raul Fernandez. Hal ini menunjukkan komitmen Trackhouse Racing dalam membangun fondasi yang kuat sejak awal keikutsertaannya di MotoGP. Dengan demikian, mereka tidak hanya membangun tim dari nol, namun juga mewarisi pengalaman dan keahlian dari tim sebelumnya.

Tidak hanya itu, Trackhouse Racing juga menjalin hubungan kerja sama yang lebih erat dengan Aprilia dibandingkan dengan RNF. Mereka bahkan akan menjadi pemasok motor pabrikan untuk Oliveira pada tahun 2024. Keputusan ini tentu saja menjadi langkah strategis bagi Trackhouse Racing, karena mereka dapat memanfaatkan teknologi dan pengalaman dari pabrikan motor ternama seperti Aprilia.

Salah satu hal yang menarik dari kehadiran Trackhouse Racing di MotoGP adalah skema warna merah, putih, dan biru yang mencolok pada motor mereka. Skema warna ini merupakan evolusi dari corak yang dipamerkan Trackhouse saat mengumumkan secara resmi masuk ke MotoGP pada Desember lalu. Hal ini menunjukkan identitas kuat dari tim asal Amerika Serikat ini, yang diharapkan dapat menjadi ikon baru di lintasan MotoGP.

Keikutsertaan Trackhouse Racing di MotoGP juga menjadi sorotan karena rencana ekspansi ke pasar Amerika Utara. Langkah ini pertama kali ditandai dengan penunjukan mantan petinggi NBA, Dan Rossomondo, sebagai kepala komersial Dorna tahun lalu. Hal ini menunjukkan bahwa MotoGP tidak hanya ingin berkembang di pasar Eropa, namun juga ingin menjangkau pasar-pasar baru di berbagai belahan dunia.

Debut MotoGP Trackhouse Racing sendiri direncanakan akan dilakukan di kandang sendiri pada akhir pekan 12-14 April di Circuit of the Americas, Austin, untuk GP Amerika pada putaran keempat dalam kalender. Hal ini tentu menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh para penggemar MotoGP, karena akan menjadi kesempatan pertama bagi Trackhouse Racing untuk membuktikan kemampuannya di lintasan.

Namun, sebelum debut resminya di MotoGP, Trackhouse Racing sudah harus menghadapi hukuman akibat tabrakan yang melibatkan pembalapnya, Miguel Oliveira, di GP Qatar November lalu. Hukuman ini membuatnya harus menjalani hukuman satu putaran, dan karena cedera yang memaksanya absen pada balapan terakhir tahun 2023, hukuman Oliveira terbawa ke musim baru. Hal ini tentu saja menjadi ujian awal bagi Trackhouse Racing dalam menghadapi tantangan di lintasan MotoGP.

Dengan peluncuran corak motor 2024, Trackhouse Racing menjadi tim keempat sepanjang tahun ini yang telah meluncurkan corak motor 2024, setelah Gresini, tim pabrikan Ducati, dan VR46 yang mengadakan acara peluncuran pekan lalu. Hal ini menunjukkan persaingan yang semakin ketat di MotoGP, namun juga menjadi bukti bahwa MotoGP tetap menjadi ajang yang menarik bagi berbagai tim dan pabrikan motor ternama.

Dengan demikian, kehadiran Trackhouse Racing di MotoGP menjadi angin segar bagi penggemar balap motor di seluruh dunia. Dengan strategi yang kuat, kerja sama yang erat dengan pabrikan motor, dan komitmen yang tinggi, Trackhouse Racing diharapkan dapat menjadi salah satu tim yang mampu bersaing di lintasan MotoGP. Tentu saja, kita semua akan menunggu dengan antusias debut resmi mereka di GP Amerika dan melihat bagaimana performa mereka di musim 2024.

Related Articles

Leave a Comment

one × 4 =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.