Home Otomotif Toyota Sabet Gelar Raja Otomotif Dunia Tahun 2023

Toyota Sabet Gelar Raja Otomotif Dunia Tahun 2023

by Rohmat Ali

Toyota Kembali Merajai Pasar Otomotif Dunia dengan Rekor Penjualan 11 Juta Unit

Toyota kembali menjelma sebagai raja otomotif dunia setelah berhasil menjual kendaraan paling banyak di tahun 2023. Perusahaan otomotif asal Jepang ini berhasil mengalahkan Volkswagen (VW) dalam persaingan penjualan mobil global. Dalam siaran pers yang dirilis oleh Toyota pada Selasa, 30 Januari 2024, disebutkan bahwa penjualan dan produksi global Toyota mencapai rekor tertinggi sepanjang tahun 2023. Hal ini terjadi berkat permintaan yang kuat di setiap wilayah dan berkurangnya krisis semikonduktor di seluruh dunia.

Menurut laporan dari Toyota Motor Corporation, penjualan kendaraan Toyota Group mencapai 11.233.039 unit sepanjang Januari hingga Desember 2023, meningkat hingga 7,2 persen dari tahun sebelumnya. Penjualan tersebut mencakup kendaraan merek Toyota (termasuk Lexus), Daihatsu, dan Hino. Untuk penjualan merek Toyota (termasuk Lexus) sendiri mencapai 10.307.395 unit, sementara Daihatsu membukukan penjualan sebanyak 790.441 unit dan Hino mencatatkan penjualan sebanyak 135.203 unit.

Rekor penjualan lebih dari 11 juta unit ini menjadi pencapaian baru bagi Toyota, yang sebelumnya hanya mampu menjual 9 juta sampai 10 juta unit kendaraan. Dengan torehan ini, Toyota kembali mengukuhkan posisinya sebagai raja otomotif dunia, mengalahkan pesaing beratnya, yaitu Volkswagen AG. Pada tahun 2023, VW AG mencatatkan penjualan sebanyak 9,24 juta unit, menunjukkan kenaikan penjualan sebesar 12 persen dari tahun sebelumnya.

Keberhasilan Toyota merajai pasar otomotif dunia ini tidak datang dengan mudah. Perjuangan Toyota untuk kembali menduduki posisi teratas memang cukup panjang. Sejarah mencatat bahwa Toyota berhasil mengukuhkan posisinya sebagai raja otomotif dunia selama empat tahun berturut-turut, sejak tahun 2020 hingga 2023. Kemenangan terakhir Toyota sebelum tahun 2020 terjadi pada tahun 2019, ketika Toyota kalah dari VW dengan selisih penjualan tipis. Namun, setelah itu Toyota kembali bangkit dan berhasil merebut takhta merek mobil terlaris dunia.

Pada tahun 2020, ketika pandemi COVID-19 melanda, banyak perusahaan otomotif mengalami penurunan penjualan yang signifikan. Namun, Toyota justru berhasil meraih kesuksesan dengan menjual 9,5 juta unit, mengungguli VW yang hanya mampu menjual 9,3 juta unit. Tren kenaikan penjualan Toyota terus berlanjut pada tahun 2021 dan 2022, di mana penjualannya terus bertambah hingga mencapai 10,4 juta unit. Sementara VW mengalami fluktuasi penjualan yang tidak sebesar Toyota.

Pada tahun 2023, Toyota kembali mencatat rekor baru dengan penjualan lebih dari 11 juta unit, sementara VW hanya mampu menjual 9,24 juta unit. Trend ini menunjukkan dominasi Toyota dalam pasar otomotif global dan memperkuat posisinya sebagai produsen otomotif terkemuka di dunia.

Kesuksesan Toyota dalam merebut kembali takhta sebagai raja otomotif dunia memberikan sinyal positif bagi perusahaan ini untuk terus berkembang dan mempertahankan posisinya di puncak industri otomotif. Dengan inovasi dan kualitas produk yang terus ditingkatkan, Toyota mampu memenangkan hati konsumen di berbagai belahan dunia dan menjadi simbol kejayaan industri otomotif Jepang.

Sebagai penutup, kesuksesan Toyota dalam mencapai rekor penjualan lebih dari 11 juta unit merupakan bukti nyata bahwa perusahaan ini mampu bertahan dan bahkan berkembang di tengah kondisi ekonomi yang tidak menentu. Prestasi ini juga menjadi motivasi bagi perusahaan otomotif lainnya untuk terus berinovasi dan meningkatkan kualitas produk demi memenangkan persaingan global yang semakin ketat dalam industri otomotif.

Related Articles

Leave a Comment

three × five =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.