Home News MotoGP Marc Marquez: Uji Coba Kedua dengan Ducati di Sepang

Marc Marquez: Uji Coba Kedua dengan Ducati di Sepang

by Dita

Marc Marquez: Pengalaman Pertama di Tes MotoGP Sepang

Tes MotoGP Sepang merupakan momen yang dinantikan oleh Marc Marquez setelah debutnya yang fantastis bersama Ducati di Valencia. Bagi Marquez, uji coba di Malaysia ini merupakan tes keduanya dengan Desmosedici GP23, motor pertamanya di kelas utama selain Honda. Namun, pengalaman Marquez di Sepang tidak berjalan sebaik di Cheste.

Pada hari pertama tes, Marquez mengalami serangkaian masalah pada motor Gresini Racing. Tidak kurang dari “empat, semuanya berbeda”, seperti yang ia jelaskan di akhir latihan bebas pertama. Meskipun begitu, Marquez mampu menyelamatkan situasi dalam hal waktu di akhir hari, membuat langkah maju dari bagian bawah catatan waktu dan naik ke posisi kesembilan, kurang dari 0,7 detik dari waktu terbaik Jorge Martin.

Setelah menyelesaikan aksinya di lintasan, Marquez berbicara kepada media, termasuk Motorsport.com dan menjelaskan pengembaraannya sepanjang hari, meskipun ia menyoroti secara positif reaksi skuad Faenza dan juga Ducati sebagai tim, karena tim Borgo Panigale terus mengawasi apa yang terjadi di dalam kotak #93.

“Semua hal buruk yang bisa terjadi, terjadi hari ini,” ujar Marquez. “Kami mengalami banyak masalah, tetapi hal positifnya adalah tim bereaksi dengan sangat baik. Mereka mengidentifikasinya dengan cepat dan bereaksi dengan cepat. Saya hanya bisa memanfaatkan satu jam terakhir latihan dan memulihkan diri. Namun, saya tidak bisa menemukan ritme permainan.”

Perasaannya tidak sama dengan di Valencia, karena saya menyukai sirkuit itu, dan jika Anda menyukai sirkuit, Anda akan merasa nyaman dengan semua motor. Saya mengalami empat masalah, semuanya berbeda.

“Terlepas dari semua masalah yang kami alami. Saya mampu melakukan putaran tercepat, dan dengan ban bekas saya juga melakukan putaran yang bagus. Kita lihat saja besok dan hari ketiga bagaimana hasilnya, tapi kami tidak akan berada di depan seperti di Valencia.

“Ketika masalah muncul, para insinyur Ducati dengan cepat muncul. Salah satu rahasia Ducati adalah mereka menjaga semua rider mereka,” jelasnya tentang ketertarikan dari Borgo Panigale.

“Adik saya tidak mengalami masalah, tapi kali ini setiap kali saya keluar lintasan saya harus kembali melalui jalan servis. Setidaknya di sore hari, saya bisa melakukan dua kali latihan normal, jadi saya bisa mulai memahami bagian depan, yang merupakan bagian yang paling banyak berubah dibandingkan dengan Honda.

Pembalap Cervera itu kemudian menjelaskan rencana kerja untuk memulai balapan di Sepang, dan membandingkannya dengan RC213V yang ia tinggalkan di akhir 2023.

“Saya mulai melatih footpegs, yang merupakan bagian yang membuat saya kurang nyaman. Sekarang, saya harus beradaptasi dengan motor dan melihat bagaimana motor bisa beradaptasi dengan saya,” ucapnya.

“Cara mengendarai Ducati di trek ini sangat berbeda dengan cara mengendarai Honda. Di pagi hari, saya mengendarai motor seperti yang saya lakukan dengan Honda dan motornya banyak bergerak.”

Marquez meremehkan fakta bahwa hari itu diwarnai dengan masalah. “Saya rasa hari ini tidak akan berpengaruh banyak, karena kami memiliki tiga hari.”

Dan ia juga membantah bahwa ia terjatuh, seperti yang ditunjukkan oleh Live Timing, “Di tikungan terakhir saya melebar karena ada masalah, tapi saya tidak terjatuh”.

Faktanya, ketika membandingkan tes Valencia dengan Sepang, ia memuji, “Jika harus membandingkan hari ini dengan Valencia, hari ini lebih baik. Anda harus bersabar. Di sini tidak perlu menjadi yang pertama, saya butuh waktu untuk memahami motornya.”

Dari pengalaman Marquez pada tes MotoGP Sepang, terlihat bahwa adaptasi dengan motor baru membutuhkan waktu dan proses. Meskipun mengalami masalah, Marquez tetap optimis dan bersabar dalam menyesuaikan diri dengan Ducati. Semoga Marquez dapat terus mengatasi masalahnya dan menunjukkan performa terbaiknya pada balapan MotoGP mendatang.

Related Articles

Leave a Comment

14 − nine =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.