Home News MotoGP Jorge Martin Menang Spektakuler di Losail MotoGP 2024

Jorge Martin Menang Spektakuler di Losail MotoGP 2024

by Dita

Jorge Martin dari tim Pramac sukses memenangkan balapan MotoGP 2024 setelah penampilan spektakuler di Sirkuit Losail pada Sabtu (9/3/2024). Sementara itu, Marc Marquez harus puas berada di posisi kelima dalam debutnya bersama tim Ducati.

Balapan Sprint sejauh 11 lap itu dimulai dengan Martin memimpin dari posisi terdepan. Pembalap yang mendominasi balapan tipe ini musim lalu dengan sembilan kemenangan, berbagi keunggulan awal dengan Brad Binder dari tim KTM.

Aleix Espargaro berhasil mengalahkan juara dunia bertahan, Francesco Bagnaia, di akhir balapan untuk meraih podium pertama bagi tim Aprilia di Qatar. Espargaro finis di posisi ketiga.

Sementara itu, dalam debutnya bersama tim Gresini Ducati, Marc Marquez harus puas finis di urutan kelima. Kesalahan yang dilakukannya di menit-menit akhir berakibat fatal dengan kegagalan meraih podium.

Martin tampil impresif sejak lampu merah padam di awal balapan Sprint. Ia mampu membawa Ducati GP24 miliknya memimpin di Tikungan 1, unggul atas Binder yang berada di posisi keempat.

Marquez, di sisi lain, harus berjuang melawan pembalap Ducati lainnya, Fabio Di Giannantonio, di beberapa lap awal saat keduanya saling beradu untuk meraih posisi ke-7.

Namun, Marquez berhasil naik ke posisi keenam pada lap kedua, sementara Di Giannantonio mengalami kecelakaan di Tikungan 10 di putaran berikutnya.

Martin dan Binder segera memimpin di depan rombongan pembalap lainnya. Pembalap KTM itu berhasil mendekati bagian belakang Ducati milik Martin di Tikungan 1 pada lap kedua.

Jarak antara keduanya semakin dekat namun Martin mampu mempertahankan keunggulannya hingga setengah detik dan mempertahankannya hingga bendera finis dikibarkan. Martin meraih kemenangan ke-10 dalam balapan Sprint.

Binder finis di posisi kedua dengan selisih waktu 0,548 detik, sementara Aleix Espargaro dari tim Aprilia melengkapi podium di posisi ketiga.

Pembalap tertua di grid, Espargaro sempat tertinggal dari Marquez. Namun, saat Marquez melakukan kesalahan di Tikungan 14 pada lap kedelapan, Espargaro berhasil kembali ke posisi keempat.

Espargaro kemudian berhasil menyalip Bagnaia, juara dunia dua kali, di Tikungan 15 pada lap ke-10. Meskipun Bagnaia berhasil bertahan di posisi keempat, namun performa sprintnya yang tidak konsisten menjadi catatan penting.

Marquez berhasil menjaga jarak dengan pembalap Ducati lainnya, Enea Bastianini, dengan selisih 0,450 detik untuk finis di posisi kelima, sementara Alex Marquez berada di urutan ketujuh.

Debutan MotoGP, Pedro Acosta, berhasil meraih poin di posisi kedelapan bersama tim Tech3 GasGas, sementara Maverick Vinales meraih poin terakhir di posisi kesembilan untuk tim Aprilia.

Jack Miller dari tim KTM harus turun peringkat setelah sebelumnya berada di posisi enam besar. Miller finis di posisi ke-10, di depan Marco Bezzecchi dari tim VR46, sementara Fabio Quartararo berhasil memperbaiki posisinya menjadi di urutan ke-12.

Joan Mir memimpin tim Honda di posisi ke-15, di depan Johann Zarco dari LRC Honda, sementara Luca Marini finis di posisi terakhir.

Dengan demikian, balapan Sprint MotoGP di Qatar telah memberikan berbagai kejutan dan hasil yang menarik bagi para penggemar balap MotoGP. Semua pembalap memberikan penampilan terbaiknya dan memberikan hiburan yang luar biasa bagi para penonton. Semoga balapan selanjutnya juga dapat memberikan keseruan yang sama!

Related Articles

Leave a Comment

two + 13 =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.