Home Otomotif Francesco Bagnaia Juara MotoGP Qatar 2024

Francesco Bagnaia Juara MotoGP Qatar 2024

by Rohmat Ali

Francesco Bagnaia Sukses Juara MotoGP Qatar 2024

MotoGP Qatar 2024 telah selesai dengan kemenangan yang diraih oleh Francesco Bagnaia. Balapan yang berlangsung di Sirkuit Losail pada Senin (11/3/2024) pukul 00.00 WIB ini menjadi pembuka dari rangkaian seri MotoGP tahun ini. Jorge Martin berhasil menduduki posisi pole, diikuti oleh Aleix Espargaro dan Enea Bastianini di grid ketiga. Brad Binder dan Francesco Bagnaia juga berhasil meraih posisi lima besar dalam balapan tersebut.

Drama dimulai sejak awal balapan ketika motor Raul Fernandez mengalami masalah teknis yang menyebabkan penundaan start. Balapan terpaksa dipersingkat menjadi 21 putaran dari rencana sebelumnya yang sejumlah 22 lap. Saat balapan dimulai, Jorge Martin sempat memimpin namun Francesco Bagnaia dengan cepat berhasil menyalipnya sebelum lap pertama usai. Rider yang telah dua kali meraih gelar juara dunia tersebut tampil apik sejak awal balapan.

Sayangnya, keberuntungan tidak berpihak pada Jack Miller yang mengalami kecelakaan saat memasuki lap kedua. Bendera kuningpun dikibarkan sebagai tanda bahaya. Saat tersisa 16 lap, Bagnaia berhasil menciptakan jarak sebesar 0,450 detik dari Jorge Martin yang berada di posisi kedua. Brad Binder, sebagai wakil dari KTM, berhasil menduduki posisi ketiga dengan selisih 0,296 detik dari Marc Marquez yang menempati posisi keempat.

Pada posisi mengejutkan, Pedro Acosta, pebalap rookie, berhasil masuk ke dalam lima besar. Meskipun start dari posisi delapan, Acosta berhasil menyalip Bastianini, Aleix Espargaro, dan Alex Marquez. Saat sembilan putaran telah berlalu, Bagnaia terus memperluas jaraknya menjadi 1,060 detik dari pebalap di belakangnya. Brad Binder, Jorge Martin, Marc Marquez, dan Pedro Acosta berada dalam jarak yang sangat rapat.

Brad Binder sukses menyalip Jorge Martin saat tersisa 11 lap, dan menduduki posisi kedua. Sementara itu, Pedro Acosta, yang juga dikenal dengan julukan ‘El Tiburon de Mazzaron’, berhasil menyalip Marc Marquez saat tersisa 10 lap, dan berhasil menempati posisi keempat. Fabio Quartararo, Alex Rins, Joan Mir, dan Johann Zarco masih menghadapi kesulitan untuk masuk ke dalam 10 besar.

Namun, mimpi Acosta untuk naik podium semakin jauh saat balapan memasuki lap ke-14 dari total 21 putaran. Acosta membuat kesalahan yang dimanfaatkan oleh Marc Marquez untuk merebut kembali posisi keempat. Aksi saling menyalip terus terjadi, hingga pada putaran ke-15, Alex Marquez berhasil menyalip Pedro Acosta. Posisi Acosta terus merosot hingga ke posisi sembilan.

Sayangnya, Raul Fernandez tidak dapat melanjutkan balapan dan harus memarkirkan motornya lebih awal saat balapan menyisakan empat lap terakhir. Saat tiga lap tersisa, Acosta kembali disalip oleh Fabio Di Giannantonio, dan kemudian oleh Aleix Espargaro pada dua putaran terakhir. Akhirnya, MotoGP Qatar 2024 berakhir dengan kemenangan Francesco Bagnaia, diikuti oleh Brad Binder dan Jorge Martin.

Selama dua tahun terakhir, pabrikan Borgo Panigale berhasil menelurkan juara yang berbeda di MotoGP Qatar. Dimulai dari Enea Bastianini pada tahun 2022, Fabio Di Giannantonio pada tahun 2023, dan kini Francesco Bagnaia yang menjadi juara pada tahun 2024.

Berikut adalah hasil lengkap dari MotoGP Qatar 2024:
1. Francesco Bagnaia
2. Brad Binder
3. Jorge Martin
4. Marc Marquez
5. Enea Bastianini
6. Alex Marquez
7. Fabio Di Giannantonio
8. Aleix Espargaro
9. Pedro Acosta
10. Maverick Vinales
11. Fabio Quartararo
12. Johann Zarco
13. Joan Mir
14. Marco Bezzecchi
15. Miguel Oliveira
16. Alex Rins
17. Augusto Fernandez
18. Franco Morbidelli
19. Takaaki Nakagami
20. Luca Marini.

Dengan demikian, Francesco Bagnaia berhasil memulai musim MotoGP 2024 dengan sukses. Selamat kepada para pebalap yang berhasil finis dalam posisi terbaiknya di MotoGP Qatar 2024. Semoga balapan selanjutnya akan memberikan hiburan dan persaingan yang tak kalah seru!

Related Articles

Leave a Comment

one × one =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.