Home News MotoGP Hasil Praktik MotoGP di Portugal: Bastianini Tercepat, Marc Márquez Bangkit

Hasil Praktik MotoGP di Portugal: Bastianini Tercepat, Marc Márquez Bangkit

by VR46 Fans

Enea Bastianini menjadi pembalap tercepat dalam Praktik MotoGP di Portugal, yang menentukan sepuluh pembalap yang langsung lolos ke babak kualifikasi. Marc Márquez juga tampil bagus meskipun mengalami kecelakaan di akhir sesi. Sementara itu, Jorge Martín memuaskan dan Bagnaia mengalami kesulitan.

Kondisi trek lebih baik, dengan lebih banyak karet di trek dan tidak terlalu kotor lagi. Suhu udara 21 derajat dan suhu aspal 27 derajat.

Dalam waktu singkat, catatan waktu sudah membaik dari sesi pagi. Meskipun masih menggunakan ban medium atau bahkan ban depan keras, para pembalap mencoba mencari ritme dan mensimulasikan apa yang diharapkan untuk Sprint dan balapan Minggu.

Jack Miller terjatuh di tikungan 5. Dia meluncur dan bangkit dengan cepat. Pembalap Australia itu menggunakan spoiler baru di bagian belakang yang diuji oleh pembalap uji Pol Espargaró beberapa hari yang lalu di Jerez. Yamaha juga menggunakan knalpot samping yang sangat panjang, mirip dengan yang digunakan KTM pada tahun 2023.

Marc Márquez melakukan sesi panjang yang bagus dengan ban depan keras dan ban belakang medium. Dia hampir menyamai catatan waktunya sebagai yang kedua, setelah Binder hingga dia berhasil mengalahkan Brad. Dia sedikit kesulitan di sektor terakhir.

Namun, Jorge Martín berhasil mengalahkan pembalap asal Cervera dengan kompon ban yang sama, meskipun ban depannya digunakan dalam jumlah putaran yang lebih sedikit.

Sisa waktu 25 menit, beberapa pembalap mulai menggunakan ban baru yang lebih lunak. Sesi ini benar-benar penting untuk menentukan sepuluh pembalap yang langsung lolos ke Q2.

Maverick Viñales, yang mengalami sedikit gangguan pencernaan pada malam sebelumnya, memimpin sesi. Namun, kakak dari Márquez memasang ban medium dan ban baru yang lebih lunak dan berhasil mengungguli pembalap asal Gerona tersebut.

Enea Bastianini meningkatkan performa dengan sektor terakhir yang luar biasa, membuatnya unggul di posisi pertama.

Álex Márquez jatuh di tikungan 14 dan Aleix Espargaró jatuh di tikungan 4. Keduanya berada di luar ‘top 10’ dan bergegas kembali ke boks untuk menggunakan motor cadangan.

Marc memasang ban baru dan mempercepat. Dia berada di posisi kedua setelah Bastianini, karena sektor terakhirnya yang kurang baik.

Tersisa serangan terakhir, karena juara delapan kali tersebut kembali mengganti ban dan menggunakan hingga tiga pasang ban baru. Pecco berada di ambang (peringkat ke-9) dan banyak pembalap mencari roda dari pembalap tersebut. Mir berhasil mengalahkan semua pembalap dan menempel di belakang pembalap Italia tersebut.

Franco Morbidelli terjatuh di tikungan 8. Dia kehilangan kendali di atas piano, tergelincir, dan kehilangan peluangnya.

Pada saat yang bersamaan, Marc Márquez mengalami kecelakaan di tikungan 5, di saat perubahan elevasi. Hal yang sama terjadi pada Luca Marini.

Bendera kuning dikibarkan, namun petugas lapangan segera mengangkatnya sehingga para pembalap bisa melanjutkan putaran dengan maksimal. Bezzecchi berhasil menggusur Bagnaia dari posisi teratas, namun juara bertahan mampu melakukan putaran yang layak untuk masuk.

Kejutan datang dari Yamaha, yang dengan susah payah masuk ke ‘top 10’. Sementara itu, Acosta tersingkir, begitu pula dengan Álex Márquez dan Aleix. Sepuluh pembalap terbaik adalah: Bastianini, Miller, Marc Márquez, Jorge Martín, Binder, Bezzecchi, Viñales, Bagnaia, Quartararo, dan Rins. Di luar: Acosta, Di Giannantonio, Álex Márquez, Aleix, Morbidelli, Nakagami, Oliveira, Raúl Fernández, Mir, Zarco, Augusto Fernández, dan Marini.

Di Moto3, David Alonso yang menjadi pemenang di Qatar mendominasi. Namun, dia mendapat peringatan sanksi karena lambat di lintasan yang benar. Semua pembalap harus segera beradaptasi karena tidak bisa melaju di sesi latihan bebas pertama karena kondisi trek yang kotor dan berlumpur. ‘Top 14’ adalah: David Alonso, Kelso, Bertelle, Rueda, Rossi, Farioli, Piqueras, Ogden, Holgado, Nepa, Joel Esteban, Ortolá, dan Vicente Pérez, yang menggantikan Zurutuza. Di luar: Veijer, Adrián Fernández, yang mengalami cedera di tangan, dan David Muñoz.

Di Moto2, juga dipimpin oleh pemenang di Lusail: Alonso López. 14 pembalap terbaik, dan dalam Q2 sementara: Alonso López, Canet, Roberts, Manu González, Ramírez, Aldeguer, Dixon, Arbolino, Arenas, Vietti, Alcoba, Ogura, Sergio García, dan Foggia. Di luar: Chantra, Masiá, Baltus, Izan Guevara, Escrig, atau Artigas.

Related Articles

Leave a Comment

eleven + 2 =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.