Home News MotoGP Lintasan Basah dan Berdebu, Tantangan Pembalap di Moto3

Lintasan Basah dan Berdebu, Tantangan Pembalap di Moto3

by Dita
david munoz boe motorsports

Hujan lebat semalam meninggalkan jejak yang terlihat jelas di lintasan, membuat para pembalap Moto3 harus ekstra hati-hati saat akan memulai sesi latihan pagi ini. Dengan udara yang masih dingin dan mendung, kondisi trek yang basah menjadi tantangan tersendiri bagi para pembalap.

David Munoz menjadi pembalap pertama yang memutuskan untuk keluar dari pit dan mulai melaju sendirian di lintasan yang masih basah. Disusul oleh Taiyo Furusato yang menjadi pembalap kedua yang memutuskan untuk mengaspal di lintasan yang belum sepenuhnya kering.

Namun, hingga lima menit pertama sesi latihan, hanya tiga pembalap yang terlihat memacu motornya dengan Munoz dan Furusato kembali ke pit sebelum sempat membukukan waktu terbaik mereka. Lintasan pun menjadi sepi dari kehadiran para pembalap selama 15 menit berikutnya, membuat suasana menjadi semakin menegangkan.

Ketegangan semakin meningkat ketika red flag dikibarkan oleh race direction dengan sisa waktu 12 menit sesi latihan karena kondisi lintasan yang masih dalam keadaan buruk. Keputusan untuk tidak melakukan restart pun diambil oleh race direction, menandakan bahwa para pembalap harus menerima kenyataan bahwa sesi latihan pagi ini harus diakhiri lebih awal.

Kondisi lintasan yang sangat kotor membuat petugas dan marshal harus bekerja ekstra untuk membersihkannya. Safety Car terlihat berkeliling di lintasan sambil membawa alat penghembus besar untuk membersihkan sisa-sisa lumpur dan kotoran yang menempel di lintasan. Bahkan, mobil penyapu juga dikerahkan untuk membersihkan jalur lintasan agar kondisinya menjadi lebih aman bagi para pembalap.

Taiyo Furusato pun memberikan tanggapannya terkait kondisi lintasan yang berdebu dan berpasir tersebut, mengungkapkan bahwa lintasan yang kotor tersebut dapat membahayakan keselamatan para pembalap karena tingkat ke licinannya yang tinggi, terlebih saat melintas dengan menggunakan ban apa pun.

Meskipun kondisi lintasan yang buruk, sesi latihan bebas Moto2 tetap akan dilanjutkan sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan sebelumnya. Para pembalap harus tetap waspada dan berhati-hati saat melaju di lintasan yang masih dalam kondisi yang kurang ideal tersebut.

Dengan demikian, sesi latihan pagi ini menjadi pembelajaran bagi para pembalap Moto3 untuk tetap siap menghadapi segala kondisi lintasan yang mungkin terjadi di masa depan. Semoga para pembalap dapat belajar dari pengalaman ini dan tetap menjaga keselamatan serta performa mereka di lintasan.

Related Articles

Leave a Comment

eighteen − two =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.