Home News MotoGP Marquez Pimpin Latihan MotoGP di Portugal dengan Ducati

Marquez Pimpin Latihan MotoGP di Portugal dengan Ducati

by Dita
1711111025 marc marquez gresini racing

Marc Marquez Memimpin Hasil FP1 MotoGP Portugal

Hujan deras semalaman membuat sirkuit Portugal dipenuhi pasir dan debu untuk memulai aksi lintasan pada hari Jumat (22/3/2024). Latihan pertama kelas Moto3 harus dibatalkan karena kondisi tersebut. Namun, kondisi cukup membaik sehingga sesi Moto2 pertama dapat berjalan sesuai jadwal, diikuti dengan latihan pembuka selama 45 menit untuk kelas MotoGP.

Marc Marquez, yang baru saja menjalani debutnya bersama Ducati, memimpin catatan waktu setelah mencatatkan waktu 1 menit 40,484 detik pada putaran terakhirnya dengan motor GP23 yang dikendarai oleh Gresini. Juara dunia grand prix delapan kali itu duduk di puncak waktu dalam beberapa titik di FP1 saat ia melanjutkan adaptasinya dengan Ducati. Hal ini cukup baik karena Marquez mengakui pada akhir pekan ini bahwa ia akan “memulai dari nol” lagi.

Marquez memimpin dengan selisih 0,165 detik dari Maverick Vinales dari Aprilia, yang sedang mengalami sakit ringan menuju GP Portugal. Duo pabrikan KTM, Brad Binder dan Jack Miller, menyusul di posisi ketiga dan keempat, sementara Franco Morbidelli dari Pramac melengkapi posisi lima besar.

Miller menjadi yang tercepat di sesi ini dengan motor RC16-nya dengan catatan waktu 1 menit 46,870 detik, yang terpaut hampir 10 detik dari catatan waktu tercepatnya di Sirkuit Internasional Algarve musim lalu. Catatan waktu 1 menit 40,484 detik milik Marquez menjadi yang tercepat, dengan catatan waktu 1:37,226 detik sebagai referensi waktu tercepat tahun lalu yang dicatatkan oleh pembalap asal Spanyol tersebut di atas Honda.

Binder mengakhiri FP1 sebagai peringkat ketiga setelah menjadi yang tercepat di dua menit terakhir dengan catatan waktu 1:40,689 detik, namun ia berhasil digeser oleh Marquez dan Vinales. Morbidelli menyelesaikan lap terbanyak dari semua pembalap dengan 21 lap di sirkuit ini, namun ia mengalami kecelakaan parah saat sesi latihan yang membuatnya gegar otak dan tidak bisa mengikuti tes pramusim.

Ia mengungguli rekan setimnya di Pramac, Jorge Martin, dengan selisih waktu 0,045 detik, dengan Alex Rins di urutan ketujuh untuk Yamaha dari Miguel Oliveira dari Trackhouse Aprilia, Alex Marquez dari Gresini Ducati di urutan kedua, dan Joan Mir dari tim pabrikan Honda.

Honda datang ke Portugal dengan beberapa hal baru untuk dicoba setelah melakukan tes privat awal pekan ini di Jerez bersama Luca Marini, serta dari uji coba yang dilakukan Stefan Bradl di sirkuit Algarve. Pemimpin klasemen Francesco Bagnaia berada di urutan ke-13 di atas motor pabrikan Ducati, sementara Pedro Acosta berada di urutan ke-15 di atas Tech3 GasGas.

Dengan begitu, Marc Marquez berhasil memimpin hasil FP1 MotoGP Portugal dengan performa impresifnya bersama Ducati. Meskipun masih dalam proses adaptasi dengan motor baru, Marquez mampu menunjukkan kecepatan dan konsistensi yang mengesankan di awal musim ini. Kita tunggu bagaimana penampilannya di sesi kualifikasi dan balapan nanti.

Related Articles

Leave a Comment

12 + 10 =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.