Home News MotoGP Marc Márquez Pimpin Latihan Bebas MotoGP di Portimao

Marc Márquez Pimpin Latihan Bebas MotoGP di Portimao

by VR46 Fans

Marc Márquez memimpin sesi latihan bebas pertama MotoGP di Portimao. Pembalap Gresini ini awalnya ragu dengan bagaimana performanya di sirkuit yang tidak pernah dia uji sebelumnya, berbeda dengan di Qatar. Keraguan tersebut sedikit hilang, meskipun tidak ada yang menggunakan ban baru di akhir sesi dan beberapa pembalap tidak terlalu memaksakan diri.

Cuaca saat itu mendung, dengan suhu udara 20 derajat Celsius dan hanya 18 derajat di aspal. Meskipun sirkuit masih kotor, sedikit bersih setelah Moto2 beraksi.

Maka dari itu, semua pembalap memulai sesi dengan sangat hati-hati, hampir seperti inspeksi lintasan, hanya sekadar bersentuhan dengan sedikit risiko, karena cengkeraman ban rendah.

Selain itu, sesi ini tidak berpengaruh pada kualifikasi Q2, sehingga mereka bisa sedikit melupakan waktu putaran, lebih fokus pada sensasi berkendara di atas motor.

Meskipun demikian, Pedro Acosta mampu memimpin di pertengahan sesi latihan, menunjukkan gaya agresifnya. Beruntunglah dia mengatakan sebelumnya bahwa sekarang dia lebih baik dalam berkendara.

Setelah beberapa pesaing memimpin, Marc Márquez yang mengambil alih pimpinan dan menjadi yang pertama kali mencatat waktu di bawah 1:41.

Aprilia menginformasikan bahwa Maverick Viñales mengalami sedikit gangguan lambung semalam. Meski begitu, pembalap asal Girona ini mampu mencatat waktu yang sangat baik, finis di posisi kedua.

Álex Rins menunjukkan performa yang sangat bagus dengan kondisi lintasan yang seperti itu. Pembalap Yamaha ini hampir selalu berada di antara yang terbaik.

Kurang dari dua menit tersisa, Brad Binder berhasil mendahului. Jorge Martín tampil impresif meski menggunakan ban yang sudah cukup terpakai.

Namun, sekali lagi Marc Márquez mampu menekan sedikit lebih keras untuk akhirnya mendominasi klasifikasi. Dia sempat tersandung oleh motor Mir, namun itu tidak menghalangi peningkatannya. Di Qatar, dia juga pernah memimpin sesi latihan lainnya, menunjukkan performa yang bagus. Meski begitu, waktu putarannya masih jauh dari rekor pribadinya di Portimao, yaitu 1:37.2, saat meraih pole pada 2023.

Morbidelli berhasil menghilangkan ketakutannya setelah jatuh keras dalam uji coba pribadi dengan Ducati Panigale jalanan dengan melakukan putaran terakhir yang sangat baik dan menempatkannya di posisi atas.

Moto3, tanpa beraksi

Sesi latihan Moto3 dihentikan dengan tersisa 12 menit. Direksi balapan menyatakan bahwa hal tersebut karena kondisi lintasan yang kotor akibat hujan semalam. Sebelumnya hanya David Muñoz yang keluar untuk satu putaran dan langsung kembali ke pit karena melihat ada genangan air. Karena diprediksi cerah untuk sisa akhir pekan balapan, tidak ada yang keluar dari garasi.

Beberapa petugas membersihkan beberapa area dan para pembalap Moto2 keluar dan beraksi dengan normal, meski dengan hati-hati. Manu González menjadi yang tercepat, di depan Arenas, Aldeguer, dan Chantra. Dixon kembali setelah cedera kepala di Qatar dan finis di posisi kelima. Canet juga tampil bagus di posisi ketujuh, Alonso López di posisi kesembilan, dan Sergio García di posisi kesepuluh. Ramirez di posisi kelima belas, Masiá di posisi kedelapan belas, Alcoba di posisi kesembilan belas, Izan Guevara di posisi dua puluh satu, Escrig di posisi dua puluh delapan, dan Artigas di posisi dua puluh sembilan.

KLASIFIKASI LATIHAN BEBAS PERTAMA MOTOGP PORTIMAO

Dalam klasifikasi latihan bebas pertama MotoGP di Portimao, Marc Márquez menjadi yang tercepat diikuti oleh Maverick Viñales dan Álex Rins. Brad Binder berhasil menempati posisi keempat, diikuti oleh Jorge Martín di posisi kelima. Morbidelli berhasil finis di posisi keenam, diikuti oleh Pedro Acosta di posisi ketujuh. Joan Mir, Fabio Quartararo, dan Aleix Espargaró menempati posisi delapan, sembilan, dan sepuluh. Miguel Oliveira, Enea Bastianini, dan Johann Zarco berada di posisi sebelas, dua belas, dan tiga belas. Pol Espargaró, Takaaki Nakagami, dan Francesco Bagnaia menempati posisi empat belas, lima belas, dan enam belas. Jack Miller, Danilo Petrucci, dan Valentino Rossi berada di posisi tujuh belas, delapan belas, dan sembilan belas. Alex Marquez, Iker Lecuona, dan Luca Marini menempati posisi dua puluh, dua puluh satu, dan dua puluh dua. Dan terakhir, Lorenzo Savadori berada di posisi dua puluh tiga.

Dengan demikian, Marc Márquez berhasil menunjukkan performa yang sangat baik di sesi latihan bebas pertama MotoGP di Portimao. Meski masih jauh dari rekor pribadinya, namun pembalap asal Spanyol ini tetap menjadi yang tercepat dan menjadi sorotan utama dalam persaingan di sirkuit tersebut. Semoga performa baik ini bisa dijaga dan ditingkatkan pada sesi latihan berikutnya serta saat balapan nanti.

Related Articles

Leave a Comment

three × five =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.