Home News MotoGP Bastianini Pole di MotoGP Portimao, Viñales dan Martin di Sampingnya

Bastianini Pole di MotoGP Portimao, Viñales dan Martin di Sampingnya

by VR46 Fans

Enea Bastianini berhasil meraih pole position untuk dua balapan MotoGP di Portimao. Sang Bestia hanya perlu memaksa diri dalam satu putaran untuk mengejutkan semua orang…relatif, karena dia sudah menjadi yang terbaik dalam sesi latihan. Viñales dan Martinator akan memulai balapan di sampingnya. Marc Márquez jatuh dan hanya finis di posisi kedelapan. Posisi ketujuh yang bagus untuk Acosta.

Saat matahari mulai menanjak, dengan sedikit kabut, suhu pun ikut naik. Suhu udara mencapai 21 derajat Celsius dan suhu aspal mencapai 31 derajat Celsius.

Sebelum sesi kualifikasi pertama, dalam sesi latihan bebas, Aprilia telah menunjukkan peningkatan, dengan tiga pembalap mereka masuk dalam lima besar. Hal ini membuat Aleix lebih diunggulkan untuk lolos ke sesi kualifikasi kedua, dengan Acosta atau Álex Márquez sebagai pesaingnya.

Pada awalnya, Marc Marquez mengikuti roda Aleix untuk menjadi yang terdepan, namun El Tiburón de Mazarrón, yang berjalan sendirian, berhasil mengalahkan keduanya. Oliveira dan Raúl Fernández berada di belakang ketiganya setelah sesi putaran pertama.

Pada putaran kedua, Augusto mendekati kolom belakang rekan setimnya di GasGas Tech3 dan Álex Márquez melanjutkan strateginya untuk mengejar Aleix.

Pada putaran pembuka, Oliveira tidak mampu menyaingi trio pembalap Spanyol. Sementara itu, Acosta berhasil memperbaiki waktunya dua per sepuluh detik, namun adik dari Márquez bersaing ketat dengannya.

Pada putaran kedua, Aleix kehilangan waktu dan Álex berhasil mengungguli dia; Acosta terlalu panjang hingga masuk ke kerikil. Tidak ada yang memperbaiki waktu, sehingga Álex Márquez dan Acosta melaju ke sesi kualifikasi kedua. Masalah bagi Espargaró selama akhir pekan ini, setelah finis kedua di Qatar. Bagian kedua grid akan diisi oleh: 13. Aleix, 14. Di Giannantonio, 15. Oliveira, 16. Raúl Fernández, 17. Morbidelli, 18. Augusto Fernández, 19. Zarco, 20. Mir, 21. Nakagami dan 22. Marini.

Keempat Honda berada di posisi paling bawah. Tepat setahun yang lalu, Marc Márquez meraih pole position untuk HRC. Sebuah malapetaka.

Di awal sesi kualifikasi kedua, Acosta dan Álex Márquez harus menunggu, karena mereka hanya memiliki satu ban belakang yang lebih lembut.

Marc Márquez terjatuh di tikungan masuk garis finish, tikungan yang paling sulit baginya di Portimao. Dia tergelincir dan masuk ke kerikil. Dia bahkan tidak sempat mencatatkan waktu dan langsung ke pit untuk mengambil motor cadangan. Brad Binder juga terjatuh tanpa mencatatkan waktu.

Sementara itu, Bagnaia sudah mencatatkan waktu 1:37.9 untuk memimpin. Namun, putaran Martinator dibatalkan karena melanggar batas lintasan di tikungan masuk garis finish. Sehingga hanya enam pembalap yang berhasil mencatatkan waktu.

Pada putaran terakhir, Bezzecchi mengikuti rekan setimnya di Akademi Rossi Marco Bagnaia. Namun Pecco terlalu agresif. Martin mengikuti di belakang dan berhasil mengungguli keduanya. Jorge memimpin… untuk beberapa detik, karena Bastianini mengikutinya dan berhasil melampaui.

Marc melakukan putaran pertama dengan cukup baik, namun dia harus memaksa diri dan mengambil risiko di putaran kedua. Namun, dia tidak berhasil masuk ke dua baris terdepan.

Tidak ada Bagnaia, tidak ada Martin, dan tidak ada KTM. Hanya Maverick Viñales yang berhasil memperbaiki waktu dan menyerang pole position. Namun, akhirnya dia finis di posisi kedua, sehingga Bastianini akan memulai balapan dari posisi terdepan. Acosta di posisi ketujuh dan Marc di posisi kedelapan. Rins di posisi ke-11 dan Álex Márquez tanpa waktu, di posisi ke-12.

“Saya harus memperlambat karena ada bendera kuning di putaran pertama saya. Semua akan sangat ketat dalam Sprint,” kata Bastianini. “Saya senang karena saya memaksa diri untuk mencoba kemarin, saya sangat kesulitan. Kami melakukan perubahan besar dalam setelan di Qatar dan kami membuat kemajuan besar,” jelas Viñales, dengan masker karena mengalami gastroenteritis. “Waktu saya bagus, kami sedikit buta dalam Sprint, karena kami hanya sedikit berlatih,” akui Martin.

Dalam klasifikasi Q2 MotoGP Portugal, Bastianini berada di posisi terdepan, diikuti oleh Viñales dan Martin. Acosta di posisi ketujuh dan Marc di posisi kedelapan. Rins di posisi ke-11 dan Álex Márquez di posisi ke-12.

Dengan demikian, Enea Bastianini berhasil meraih pole position untuk balapan MotoGP di Portimao setelah menunjukkan performa yang luar biasa dalam sesi kualifikasi. Semua mata akan tertuju pada balapan yang akan datang, di mana para pembalap akan berjuang untuk meraih kemenangan di lintasan yang menantang ini. Semoga balapan berlangsung seru dan aman bagi semua pembalap.

Related Articles

Leave a Comment

14 − 8 =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.