Home News MotoGP Kemenangan Vinales di Sprint Race MotoGP Portugal

Kemenangan Vinales di Sprint Race MotoGP Portugal

by Dita

Juara bertahan MotoGP tampaknya akan meraih kemenangan Sprint Race pertama sejak Grand Prix Austria tahun lalu setelah memimpin kurang dari satu detik di awal lap kesembilan. Namun, pembalap Ducati itu melakukan kesalahan saat mengerem dan keluar dari lintasan di Tikungan 1. Ia pun turun ke P4 dan membuat Vinales memimpin tipis dari Jorge Martin (Pramac Racing).

Martin memburu Vinales di beberapa lap terakhir, tetapi pembalap Aprilia itu tampil dengan penuh determinasi meski menderita gastroenteritis. Vinales berhasil melewati garis finis 1,039 detik dari pembalap lain untuk mencetak kemenangan pertamanya bersama Aprilia dan yang pertama sejak MotoGP Qatar pada 2021, saat ia masih menjadi membela Yamaha.

Marc Marquez melewati Martin di Tikungan 5 pada lap pamungkas dengan sebuah operan keras untuk finis di urutan kedua dan meraih podium pertamanya di atas Ducati Gresini. Bagnaia berada di urutan keempat setelah kesalahannya, namun masih memiliki keunggulan dua poin di kejuaraan.

Jack Miller dari KTM mendapatkan kesempatan untuk melesat dari P5 saat Bagnaia maju dari urutan keempat ke peringkat kedua setelah menyalip Vinales di Tikungan 3. Pole sitter Enea Bastianini dari Ducati turun ke urutan keempat, sementara Martin merosot ke P6 dari P3.

Marquez mendorong Bastianini kembali ke posisi kelima di Tikungan 13 pada lap pertama ketika pembalap pabrikan Ducati itu sedikit melebar, sementara Martin segera menyusul. Di lap kedua, Marquez melemparkan Ducati GP23 ke sisi dalam Vinales di Tikungan 11 dan bersenggolan dengan pembalap Aprilia tersebut di jalur keluar, sebelum membanting pintu ke arah rider #12 untuk merebut P3 saat memasuki Tikungan 12.

Di belokan terakhir, Bagnaia mengambil keuntungan dari Miller yang sedikit melebar di tikungan kanan yang menurun untuk memimpin Sprint Race di awal putaran ketiga. Marquez mendorong Miller ke posisi ketiga pada lap ketiga di Tikungan 11, dengan Martin juga menggeser pembalap KTM tersebut lebih jauh ke bawah.

Sebuah momen bagi Marquez di lap kelima di Tikungan 5 membuat Vinales kembali ke posisi kedua, sementara Martin mendorong pilot Gresini itu turun dari podium di lap berikutnya. Sementara semua itu terjadi, Bagnaia memperbesar keungulannya menjadi satu detik dan mempertahankannya dengan selisih 0,8 detik hingga ia kehilangan keseimbangan saat menginjak rem di Tikungan 1 pada lap ke-12 dan turun ke posisi keempat.

Vinales terus menjaga jarak dengan Martin meskipun pembalap Pramac itu terus berusaha keras, baik dari Marquez maupun Martin. Bagnaia terpaut 3,033 detik dari podium di urutan keempat di depan Miller dan Bastianini, sementara rookie Tech3 GasGas Pedro Acosta berada di P7 di depan Aleix Espargaro dari Aprilia dan Fabio Quartararo dari Yamaha.

Rekan setim Quartararo, Alex Rins, crash di lap ketiga, sementara Brad Binder dari KTM dan pembalap VR46 Ducati, Fabio Di Giannantonio, terjatuh secara terpisah beberapa saat kemudian. Johann Zarco juga mengalami kecelakaan dari motor LCR Honda.

Hasil Sprint Race MotoGP Portugal:

1. Maverick Vinales (Aprilia Racing Team Gresini)
2. Marc Marquez (Gresini Racing)
3. Jack Miller (Ducati Lenovo Team)
4. Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo Team)
5. Enea Bastianini (Ducati Avintia)
6. Jorge Martin (Pramac Racing)
7. Pedro Acosta (Tech3 KTM Factory Racing)
8. Aleix Espargaro (Aprilia Racing Team Gresini)
9. Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha MotoGP)
10. Iker Lecuona (Tech3 KTM Factory Racing)

Dengan kemenangan yang diraih oleh Maverick Vinales, balapan MotoGP Portugal menjadi semakin menarik dan menegangkan. Para pembalap terus menunjukkan performa terbaik mereka, dan persaingan di lintasan semakin ketat. Semua penggemar MotoGP pastinya sudah tak sabar menantikan balapan selanjutnya untuk melihat siapa yang akan menjadi yang terbaik di lintasan. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang menarik dan menghibur bagi para pembaca. Semoga balapan MotoGP terus memberikan hiburan yang menarik bagi para penggemarnya.

Related Articles

Leave a Comment

fourteen + thirteen =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.