Home News MotoGP Rueda Curi Pole di Kualifikasi Moto3 Portugal

Rueda Curi Pole di Kualifikasi Moto3 Portugal

by Dita

Jose Antonio Rueda berhasil menunjukkan performa yang luar biasa dalam kualifikasi Moto3 di Portimao pada Sabtu (23/3/2024). Dengan tekad dan kegigihan yang luar biasa, pembalap asal Spanyol ini berhasil mencuri posisi terdepan dari Joel Kelso dalam aksi terakhir yang menegangkan. Dengan defisit 0,2 detik di lap terakhir, Rueda mampu menyalip Kelso dan meraih pole position, sementara pembalap Australia tersebut akan start di posisi kedua.

Kualifikasi kelas kecil ini dimulai dengan cuaca yang cerah, mengingat cuaca buruk pada hari sebelumnya yang membuat para pembalap melewatkan sesi latihan bebas pertama. Namun, sebelum sesi dimulai, beberapa pembalap sudah mendapat peringatan karena melaju terlalu lambat saat latihan, termasuk David Alonso yang merupakan pemenang Moto3 Qatar sebelumnya.

Sesi kualifikasi dimulai dengan sedikit hambatan, ketika Luna Lunetta kehilangan kendali atas motornya di Tikungan 5 dan mengalami highside yang menyebabkannya terhempas ke tanah. Meskipun mengalami kecelakaan tersebut, Lunetta tetap bersemangat dan siap untuk balapan, meski harus start dari posisi terakhir di grid.

Ryusei Yamanaka menjadi pembalap yang mendominasi kualifikasi tahap pertama dengan mencatatkan waktu tercepat 1:47,979. Ia diikuti oleh Nicola Carraro, Filippo Farioli, dan Vicente Perez. Sementara itu, di posisi terakhir ada Angel Piqueras yang harus puas berada di urutan kelima setelah dikalahkan oleh Perez di menit-menit terakhir sesi.

Di belakang para pembalap tersebut, ada Tatsuki Suzuki, Taiyo Furusato, Joshua Whatley, Buasri, dan Al Sahouti yang berjuang keras namun harus puas di urutan terakhir. Sedangkan Noah Dettwiler dan Lunetta tidak berhasil mencatatkan waktu karena berbagai alasan.

Saat sesi kualifikasi kedua (Q2) dimulai, pertarungan sengit terjadi untuk memperebutkan posisi terdepan. Awalnya, David Alonso memimpin dengan catatan waktu 1:46,898. Namun, Rueda dari Sevilla mampu meningkatkan performa dan mengalahkan Alonso dengan selisih hanya 0,003 detik. Di urutan ketiga ada Daniel Holgado yang tertinggal 0,2 detik dari Alonso.

Namun, kejutan terjadi ketika Joel Kelso tampil menonjol dengan catatan waktu 1:46,438 di lap kedua dengan ban baru. Kelso unggul hampir setengah detik dari pembalap lainnya, namun Rueda tidak menyerah. Dengan aksi terakhir yang spektakuler, Rueda berhasil meraih pole position dengan selisih 0,059 detik dari Alonso.

Alonso harus puas berada di posisi ketiga, di depan Holgado, Ricardo Rossi, Collin Veijer, Ivan Ortola, Filippo Farioli, Scott Ogden, dan Stefano Nepa. Di bagian akhir sesi terjadi kecelakaan yang dialami oleh Adrian Fernández, namun untungnya tidak menyebabkan cedera serius.

Dengan hasil kualifikasi yang menegangkan ini, para pembalap Moto3 siap untuk bertarung dalam balapan utama di Portimao. Semua mata akan tertuju pada Jose Antonio Rueda yang akan memulai balapan dari posisi terdepan, sementara Alonso dan Kelso akan berusaha untuk merebut posisi terhormat tersebut. Aksi balap yang menegangkan dan penuh tantangan akan segera dimulai, siapakah yang akan keluar sebagai pemenang di akhir balapan? Kita tunggu saja!

Related Articles

Leave a Comment

one × 3 =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.