Home News MotoGP Liberty Media Siap Akuisisi Hak Siar MotoGP

Liberty Media Siap Akuisisi Hak Siar MotoGP

by VR46 Fans
17116207477209

Sebelumnya, belum ada kepastian mengenai akuisisi ini. Namun, dalam beberapa hari mendatang, sebelum Grand Prix MotoGP Amerika Serikat pada 12 April mendatang, kemungkinan besar akan diumumkan bahwa Liberty Media akan membeli hak siar MotoGP dengan nilai yang fantastis, yaitu 4.000 juta euro.

Liberty Media, perusahaan pemegang hak siar Formula 1, berencana untuk membeli Dorna Sports, perusahaan pemilik hak siar MotoGP, dalam apa yang akan menjadi kesepakatan sejarah yang akan menggabungkan dua kompetisi balap elite, baik mobil maupun motor. Menurut beberapa informasi, kesepakatan ini sebenarnya ingin diumumkan sebelum Grand Prix Qatar, tetapi ada kekhawatiran mengenai kemungkinan campur tangan dari badan pengatur Komisi Eropa yang mengatur pasar persaingan.

Perusahaan yang dipimpin oleh miliarder John Malone hampir menyelesaikan akuisisi Dorna Sports, bahkan menurut The Financial Times, hal ini sudah hampir pasti terjadi. Mereka bukanlah satu-satunya pihak yang tertarik dengan hak siar kompetisi balap motor terbesar di dunia ini, karena Dorna sebelumnya menolak tawaran dari grup olahraga dan hiburan TKO, yang juga memiliki hak siar UFC.

Pesaing lain seperti Qatar Sports Investments, yang didukung oleh negara pemilik Paris Saint-Germain, juga menunjukkan minat untuk membeli kejuaraan balap motor ini. Namun, semua tanda menunjukkan bahwa Liberty Media akan menjadi pemegang hak siar dua kompetisi terbesar di dunia balap motor, yaitu Formula 1. Sebelumnya, CVC Capital pernah memiliki kedua kompetisi ini, tetapi pada tahun 2006 mereka terpaksa menjual kompetisi motor ini setelah adanya kekhawatiran dari beberapa regulator persaingan di Uni Eropa.

Liberty Media dan F1

Pada tahun 2016, perusahaan asal Amerika Serikat ini membeli hak siar Formula 1 seharga 7.393 juta euro dan sejak saat itu telah berhasil meningkatkan popularitas ‘The Grand Circus’ ke level yang belum pernah terjadi sebelumnya, terutama melalui dokumenter Netflix Drive to Survive, di antara banyak langkah lainnya, berhasil membuat balap mobil elite ini sangat populer di negara-negara di mana sebelumnya tidak begitu diminati. Oleh karena itu, sekarang mereka ingin mengulangi kesuksesan ini dengan kompetisi yang dimiliki oleh Dorna Sports: MotoGP (dan varian-varian lainnya), MotoE, dan WorldSBK.

MotoGP juga sedang berkembang dan pada tahun 2022, Dorna Sports berhasil meningkatkan pendapatannya sebesar 33%, menghasilkan 474,8 juta euro, meskipun tahun tersebut masih berakhir dengan kerugian hampir 8 juta euro karena masih terdampak oleh pandemi. Perusahaan yang berbasis di Madrid ini pada tahun yang sama berhasil melakukan restrukturisasi hutang sebesar 975 juta euro.

Related Articles

Leave a Comment

four × 3 =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.