Home News MotoGP Vinales Tercepat di FP1 GP Americas, Martin Posisi Kedua

Vinales Tercepat di FP1 GP Americas, Martin Posisi Kedua

by Dita
Video Sprint Race MotoGP Amerika 2024

MotoGP kembali menggelar balapan setelah jeda tiga pekan sejak seri Portugal pada akhir Maret lalu. Putaran Argentina yang seharusnya digelar harus dibatalkan karena kurangnya dana dari pemerintah. Namun, kini para pembalap kembali bersaing di Circuit of the Americas (COTA), yang juga menjadi putaran pertama setelah diumumkannya akuisisi raksasa media AS, Liberty, terhadap Dorna Sports.

COTA memang bukanlah sirkuit yang mudah bagi para pembalap. Meskipun telah kembali digunakan sejak kunjungan terakhir MotoGP ke Texas, namun catatan waktu putarannya masih jauh dari rekor sepanjang masa yang dicetak oleh Francesco Bagnaia pada tahun 2023. Pada sesi latihan bebas pertama, Maverick Vinales berhasil menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 2:07,601 detik. Namun, ia berhasil menurunkan waktu tersebut menjadi 2 menit 03,294 detik melalui serangan pamungkas pada tahap akhir dengan menggunakan ban Michelin medium yang masih baru.

Masalah gearbox yang membuat Vinales absen di GP Portugal rupanya adalah kesalahan manusia. Namun, hal ini tidak menghalangi Vinales untuk menempati posisi teratas dengan selisih 0,149 detik dari pembalap lainnya. Pemimpin klasemen saat ini, Martin yang mengendarai Pramac Ducati, harus puas berada di posisi kedua di belakang Vinales. Sedangkan sensasi baru, Pedro Acosta dari Tech3 GasGas, berhasil meraih podium perdananya di Portugal dan kini menempati posisi tiga besar.

Saat para pembalap mulai merasakan kondisi COTA yang baru diaspal, catatan waktu masih jauh dari kata representatif. Vinales, Acosta, Martin, Marco Bezzecchi, dan Marc Marquez secara bergantian memimpin catatan waktu. Di pertengahan sesi, pembalap anyar Gresini Racing berhasil berada di puncak klasemen sebelum Martin mengambil alih urutan kedua. Jack Miller dari KTM juga tidak tinggal diam, ia mencatatkan waktu yang cukup kompetitif sebelum rekan setimnya, Acosta, berhasil mencetak waktu tercepat menggunakan ban belakang medium.

Acosta tidak berhasil mempertahankan posisinya sebagai pembalap tercepat karena Vinales kembali menunjukkan kebolehannya dengan mencatatkan waktu 2:03,294 detik. Martin pun mencoba menekan catatan waktu Vinales di lap terakhirnya namun hanya berhasil mendekat 0,149 detik saja. Sementara itu, Enea Bastianini, pemenang di COTA pada tahun 2022, berada di urutan keempat di belakang Bezzecchi dari VR46 dan Brad Binder dari KTM.

Franco Morbidelli menunjukkan performa kuat di atas Pramac Ducati dengan menempati urutan ketujuh, sedangkan Marc Marquez harus puas berada di posisi delapan setelah memilih untuk mengganti ban baru di akhir sesi. Miller dan Fabio Di Giannantonio dari VR46 melengkapi posisi 10 besar, sedangkan Francesco Bagnaia harus puas finis di urutan ke-11 setelah menggunakan ban yang sama sepanjang sesi.

Pemenang GP Americas tahun lalu, Alex Rins, berhasil menempati posisi ke-13, unggul 0,033 detik dari rekan setimnya Fabio Quartararo. Quartararo sendiri datang ke AS dengan kontrak baru selama dua tahun. Luca Marini memimpin Honda di urutan ke-15 dari rekan setimnya Joan Mir, sementara kecelakaan yang menimpa Alex Marquez dari Gresini membuatnya berada di posisi ke-20. Dengan persaingan yang semakin ketat, para pembalap akan terus berupaya untuk meraih hasil maksimal di setiap balapan selanjutnya.

Related Articles

Leave a Comment

ten + 4 =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.