Home News MotoGP Arón Canet Raih Pole di Moto2 Austin: Dominasi Spanyol di Sirkuit

Arón Canet Raih Pole di Moto2 Austin: Dominasi Spanyol di Sirkuit

by VR46 Fans

Arón Canet berhasil meraih pole position di Moto2 di Austin. Pembalap asal Valencia ini berhasil mengungguli Fermín Aldeguer di akhir sesi kualifikasi, dengan Sergio García Dols melengkapi baris depan yang seluruhnya diisi oleh pembalap Spanyol.

Kondisi cuaca sangat baik, dengan matahari bersinar cerah dan suhu yang cukup nyaman: 25 derajat Celsius di udara dan 39 derajat Celsius di aspal. Meskipun angin bertiup cukup kencang, namun tidak mengganggu jalannya sesi kualifikasi.

Di awal sesi kualifikasi Q1, Celestino Vietti langsung menunjukkan performa apik dengan mencetak waktu tercepat di putaran pertamanya, meninggalkan pembalap lain dengan selisih tiga persepuluh detik. Pembalap dari Akademi Rossi ini merupakan pembalap yang meraih pole position pada tahun 2023.

Vietti terus memperbaiki waktu putarannya sendiri. Meskipun ia dibantu oleh rekan setimnya di Ajo, Deniz Öncü, dan sebuah kelompok pembalap lain yang mengejarnya, Vietti tidak berhenti untuk mengganti ban. Hal ini memberikan keuntungan bagi pembalap-pembalap di belakangnya, yang tetap memacu motornya dengan keras. Salah satunya adalah Jaume Masiá, yang berhasil menduduki posisi kedua. Meskipun baru saja menjalani operasi sindrom compartimental di lengan kanan, seperti beberapa pembalap rookie lainnya.

Darryn Binder terjatuh ketika waktu sesi kualifikasi sudah berakhir. Masalahnya adalah ia tidak sempat mencatatkan waktu putaran, sehingga terpaksa harus start dari posisi paling belakang di grid.

Arenas dan Moreira berada di ambang batas. Ancaman bagi mereka adalah Zonta van den Goorbergh, namun pembalap asal Belanda ini keluar lintasan. Akhirnya, loloslah Vietti, Masiá, Arenas, dan Moreira. Jaume pun memasang es di lengannya setelah turun dari motor. Di bagian kedua grid, posisi start akan diisi oleh: 19. Chantra, 20. Salac, 21. Öncü, 22. Senna Agius, 23. Izan Guevara, 24. Van den Goorbergh, 25. Aji, 26. Artigas, 27. Cardelús, 28. Escrig, dan 29. Darryn Binder.

Fermín Aldeguer menjadi pembalap tercepat dalam sesi latihan bebas pagi, bahkan memecahkan rekor pribadinya sendiri, sehingga beberapa pembalap berusaha untuk mengikuti jejaknya saat memulai sesi kualifikasi Q2. Meskipun demikian, Aldeguer tetap tenang, namun beberapa pembalap seperti Arenas atau Dixon berhasil meraih posisinya.

Canet mengalami insiden mengerikan di tikungan 1, namun berhasil menyelamatkan diri dari terjatuh. Sementara itu, Vietti tidak seberuntung Canet.

Arón dengan cepat pulih dari kejutannya untuk memimpin balapan. Arbolino, yang berada dalam kelompok Aldeguer, mengalami kecelakaan di tikungan 15. Hal ini membuatnya tidak naik ke posisi lebih tinggi, sementara Aldeguer, Arenas, dan Dixon berhasil melakukannya.

Pembalap dari tim MT-MSi saling bekerja sama dan bergantian untuk memimpin. Namun yang paling berhasil adalah Sergio García, yang saat berada di posisi terdepan berhasil mencapai posisi pertama.

Namun, kegembiraan Sergio tidak berlangsung lama, karena Aldeguer berhasil mengalahkannya dalam sekejap dengan selisih 79 milidetik. Pembalap dari La Ñora ini tidak berhenti di pit untuk mengganti ban, ia hanya melonggarkan gas dalam satu putaran… untuk melepaskan Arenas dan Dixon.

Canet, Ramírez, dan Alonso López menjadi ancaman bagi Aldeguer. Arón berhasil mencatatkan waktu tercepat di dua sektor terakhir untuk mengungguli Aldeguer. Marcos kehilangan peluangnya dengan insiden di tikungan menuju garis finis.

Pole position akhirnya menjadi milik Canet, yang memimpin kuartet pembalap Spanyol, dengan Aldeguer di posisi kedua, García Dols di posisi ketiga, dan Arenas di posisi keempat. Pembalap dari tim Fantic ini masih dalam performa yang apik, kemenangan pertamanya dan posisi pimpinan klasemen memberikan semangat yang luar biasa baginya.

“Kami tahu bahwa kami kuat dan bisa bersaing untuk meraih kemenangan,” ujar Canet. “Saya melakukannya sendirian,” tambah Sergio. “Saya memiliki ritme yang bagus untuk menikmati balapan,” tegas Fermín.

Dengan demikian, Arón Canet sukses meraih pole position di Moto2 di Austin, mengukuhkan dominasi pembalap Spanyol di kelas tersebut. Semoga performa mereka tetap konsisten di balapan selanjutnya.

Related Articles

Leave a Comment

12 + eight =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.