Home News MotoGP Jorge Martin Raih Pole Position di Kualifikasi MotoGP Prancis

Jorge Martin Raih Pole Position di Kualifikasi MotoGP Prancis

by Dita
1715425161 jorge martin pramac racing

MotoGP Prancis 2024: Jorge Martin Raih Pole Position di Sirkuit Le Mans

Pembalap Pramac Racing, Jorge Martin, berhasil meraih pole position dalam sesi kualifikasi MotoGP Prancis yang digelar di Sirkuit Le Mans. Martin tampil impresif dengan mencatatkan waktu tercepat di Q2, mengalahkan para pesaingnya dan mengukuhkan posisinya di baris terdepan.

Enea Bastianini sempat mencetak rekor lap baru untuk melewati Q1 dan membuat suasana menjadi makin panas pada lap pertama, dengan catatan waktu di bawah 1:30. Namun, Martin berhasil menghapus senyum Bastianini dengan mencatatkan waktu 1 menit 29,919 detik di lap kedua, yang membuatnya mengamankan posisi terdepan di saat-saat terakhir Q2.

Meskipun mengalami kecelakaan di Tikungan 4 di akhir-akhir putaran, Martin tetap mampu mempertahankan pole position. Sementara itu, Francesco Bagnaia harus puas dengan posisi kedua, diikuti oleh Maverick Vinales dari tim Aprilia yang menempati posisi ketiga.

Drama juga terjadi di sesi kualifikasi ini, terutama saat Marc Marquez tersingkir dari kualifikasi setelah terjebak oleh yellow flag yang terlambat. Pembalap Gresini Ducati itu akan start di urutan ke-13 setelah kalah dari Miguel Oliveira dari Trackhouse Racing.

Di sesi Q2, Vinales mencoba membuka serangan dengan mencatatkan waktu tercepat awal, namun Martin kembali mencatatkan rekor lap dengan waktu 1:30,141 di putaran pertamanya. Bastianini juga tidak kalah bersaing, dengan dua kali mengalahkan rekor lap di Q1 sebelum akhirnya Martin memastikan rekor tersebut untuk keempat kalinya.

Dengan banyaknya bendera kuning yang berkibar di sekitar sirkuit, perbaikan lebih lanjut hanya sedikit dan jarang terjadi, dengan Martin akhirnya mempertahankan pole position-nya. Fabio Di Giannantonio dan Marco Bezzecchi dari tim VR46 Ducati berada di urutan keempat dan kelima, sementara Aleix Espargaro dari tim Aprilia berada di urutan keenam setelah mengalami kecelakaan di tikungan terakhir.

Pedro Acosta akan start dari posisi ketujuh dengan Tech3 GasGas setelah terpaksa keluar dari lap terakhirnya akibat insiden dengan Fabio Quartararo. Quartararo sendiri tampaknya kehabisan bahan bakar dan mungkin akan menghadapi sidang steward atas insiden tersebut.

Jack Miller (KTM) harus puas dengan posisi ke-11 meski mengalami kecelakaan, sementara Oliveira berada di urutan ke-12 setelah mengakhiri harapan Marquez untuk lolos ke Q2. Pembalap anyar Gresini, Raul Fernandez, beruntung bisa menghindari insiden besar di Tikungan 3 dan akan start sejajar dengan Zarco dan Rins.

Dengan demikian, Jorge Martin akan memimpin grid start di MotoGP Prancis 2024, diikuti oleh Bagnaia dan Vinales. Para pembalap lainnya akan berusaha memberikan performa terbaik di balapan besok untuk meraih hasil yang memuaskan. Semua mata akan tertuju pada aksi balap seru di Sirkuit Le Mans.

Related Articles

Leave a Comment

7 − 4 =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.