Home News MotoGP Jorge Martin Kuasai Klasemen dengan Kemenangan di MotoGP Prancis

Jorge Martin Kuasai Klasemen dengan Kemenangan di MotoGP Prancis

by Dita
1715524274 jorge martin pramac racing

Jorge Martin Menang di MotoGP Prancis, Geser Marc Marquez dan Francesco Bagnaia

Jorge Martin berhasil memenangkan balapan MotoGP Prancis yang sangat ketat, mengungguli Marc Marquez dan Francesco Bagnaia. Pembalap dari tim Pramac Racing ini semakin kokoh di puncak klasemen sementara setelah kemenangan tersebut.

Setelah tampil dominan dalam Sprint Race di Sirkuit Le Mans pada Sabtu (11/5/2024), Martin mampu mengubah pole position menjadi kemenangan grand prix kedua dalam musim 2024, sehingga membuka keunggulan sebesar 38 poin dari pesaing terdekatnya.

Mengikuti Bagnaia sepanjang sebagian besar dari 27 lap balapan, pembalap asal Spanyol ini melakukan langkah penting pada putaran ke-21 untuk merebut posisi pertama dari Bagnaia.

Meskipun ditekan keras oleh Bagnaia dalam beberapa lap terakhir, kemenangan Martin dipastikan pada putaran terakhir ketika Marquez, yang start dari grid ke-13, berhasil naik ke posisi kedua di Tikungan 9.

Juara kedua MotoGP 2023 tersebut finis dengan selisih waktu 0,446 detik dari Marquez, sementara pembalap andalan tim pabrikan Ducati, Francesco Bagnaia, finis di urutan ketiga, diikuti oleh rekan setimnya Enea Bastianini yang pulih dari Long Lap Penalty dan finis di posisi keempat, di depan Maverick Vinales.

Setelah mengalami masalah dengan motornya yang membuatnya tidak bisa menyelesaikan Sprint Race, Bagnaia berhasil bangkit dan merebut posisi terdepan dari Martin dan Aleix Espargaro.

Marquez melakukan start yang solid dari posisi ke-13 di grid dan berhasil melompat ke posisi ke-8 setelah tikungan pembuka. Bagnaia dan Martin segera menciptakan jarak di antara mereka dan bertarung untuk posisi ketiga, yang saat itu ditempati oleh Espargaro, sebelum akhirnya Fabio Di Giannantonio berhasil menyalipnya di Tikungan 8 pada lap ke-10.

Espargaro kemudian disalip oleh rekan setimnya, Vinales, dan kemudian Marquez, dengan keduanya saling bertukar posisi di lap ke-14. Marquez kemudian berhasil melaju di depan Di Giannantonio di chicane Dunlop pada awal lap 17, namun pembalap dari tim VR46 tersebut melanggar aturan chicane untuk mempertahankan posisi ketiga dan akhirnya mendapat Long Lap Penalty.

Bagnaia dan Martin memiliki jarak sekitar dua detik dari Marquez, yang menunjukkan kecepatan yang lebih baik pada fase balapan tersebut. Jarak tersebut kemudian menyusut menjadi 1,3 detik di awal lap 20 ketika Martin melakukan percobaan pertama untuk menyalip Bagnaia di chicane Dunlop, namun belum berhasil.

Ketika Bagnaia berhasil disalip oleh Martin di lap berikutnya, Marquez berusaha untuk mendekat. Juara MotoGP enam kali tersebut melaju dengan cepat untuk memimpin pertarungan dan ketiganya berhasil menjauh dari Vinales di belakangnya. Marquez kemudian mendapat tekanan dari Bastianini.

Martin memberikan kesempatan kepada Bagnaia untuk merebut kembali posisi pertama pada lap 25, namun pembalap Pramac tersebut berhasil bertahan. Martin memimpin di lap terakhir dan mampu menutup peluang Bagnaia, yang kesempatannya sirna ketika Marquez melaju dengan cepat dan menginjak rem di Tikungan 9.

Dengan demikian, keunggulan Martin semakin melebar menjadi 0,446 detik, sementara Marquez memastikan bahwa Bagnaia tidak dapat mengejarnya saat mereka melewati garis finis.

Bastianini mendapat Long Lap Penalty karena memotong chicane Tikungan 9/10 saat menyalip Espargaro dalam upaya untuk mencapai posisi keenam pada putaran ke-12. Namun, Bastianini berhasil bangkit kembali dan finis di posisi keempat di depan Vinales dan Di Giannantonio setelah penalti dari pembalap VR46.

Franco Morbidelli finis di posisi ketujuh, yang merupakan hasil terbaiknya dalam grand prix 2024 ini. Brad Binder finis di posisi kedelapan setelah start dari posisi terakhir di atas KTM, dengan Espargaro dan Alex Marquez dari Gresini melengkapi 10 besar.

Poin terakhir diperoleh oleh Raul Fernandez dari Trackhouse Racing, Johann Zarco dari LCR Honda, pembalap Tech3 GasGas Augusto Fernandez, Takaaki Nakagami dari LCR, dan Alex Rins dari Yamaha. Sementara Luca Marini finis di posisi terakhir, di urutan ke-16 di atas motor Honda, setelah rekan setimnya, Joan Mir, terjatuh.

Pembalap tuan rumah, Fabio Quartararo, berhasil masuk ke dalam delapan besar meskipun terjatuh dari motornya di Tikungan 9 pada lap ke-17. Sementara Marco Bezzecchi dari tim VR46 mengalami kecelakaan kedua di akhir pekan ini saat ia tergelincir dari posisi ketujuh di Tikungan 6 pada lap keempat, dan rookie Tech3, Pedro Acosta, juga terjatuh pada putaran sebelumnya.

Jack Miller dari KTM dan Miguel Oliveira dari Trackhouse Racing juga gagal menyelesaikan balapan.

Dengan demikian, Jorge Martin berhasil menunjukkan performa yang ciamik dalam MotoGP Prancis kali ini, mengalahkan para pesaingnya dengan strategi yang matang dan kecepatan yang konsisten. Semakin menarik untuk menantikan bagaimana perjalanan karier Martin dan para pembalap lainnya dalam sisa musim 2024 ini.

Related Articles

Leave a Comment

three × 2 =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.