Home News MotoGP Persaingan Ketat di Sirkuit Losail: Fernandez Unggul Tipis

Persaingan Ketat di Sirkuit Losail: Fernandez Unggul Tipis

by Dita

Persaingan di Sirkuit Losail terbukti berlangsung ketat, dengan Fernandez yang mengendarai Aprilia unggul tipis dari Fabio Di Giannantonio dengan selisih waktu 0,049 detik setelah satu jam berjalan. Maverick Vinales ditetapkan untuk mengakhiri latihan sebagai yang tercepat, namun catatan waktunya dihapus karena keluar dari lintasan saat situasi bendera kuning setelah beberapa kali mengalami kecelakaan.

Sejumlah pembalap terjebak oleh bendera kuning yang terlambat, dengan Fabio Quartararo dari Yamaha merosot dari posisi kedelapan ke P21. Kedua penantang gelar Francesco Bagnaia dan Jorge Martin berhasil lolos ke Q2, dengan yang terakhir berada di urutan ketujuh meskipun sesi yang sulit karena ia berjuang melawan kurangnya cengkeraman.

Di Giannantonio menjadi yang tercepat dengan torehan 1:55,338 detik, sebelum Raul Fernandez melesat dan membukukan 1:55,093 dalam lima menit pertama. Pol Espargaro turun ke posisi 1m54 dengan catatan waktu 1m54.567 beberapa saat kemudian, sebelum Fernandez mencatatkan waktu 1:54,309. Capaian 1:54,148 dari Vinales di atas motor pabrikannya, Aprilia, mengakhiri sesi awal dengan catatan waktu lebih dari 13 menit.

Miguel Oliveira  menggeser Vinales usai mencetak 1:54,005 detik dengan waktu lebih dari setengah jam tersisa, sebelum yang terakhir mencatatkan 1:53,340 detik dengan ban belakang lunak baru. Penggunaan ban lunak pertama Vinales tidak cukup untuk membuatnya langsung mencatatkan waktu yang cepat, tetapi 10 menit kemudian para pembalap lain di lapangan mengikutinya.

Di Giannantonio mencetak 1:52,892 detik untuk mendekati rekor Bagnaia pada 2021, yaitu 1:52,772, dan Fernandez berhasil mengejar ketertinggalan 0,049 detik dengan 12 menit tersisa untuk mengambil alih posisi teratas. Vinales menuliskan waktu 1:52,652 detik untuk memecahkan rekor lap dengan waktu kurang dari dua menit sebelum bendera kotak-kotak dikibarkan, tetapi harus turun ke posisi ketiga karena ia mencatatkan waktu tersebut dalam kondisi bendera kuning.

Hal ini terjadi karena kecelakaan yang dialami Pol Espargaro di tikungan terakhir ketika pembalap Tech3 itu sedang berada di putaran yang bagus, dan itu akan menimbulkan masalah bagi sejumlah pembalap – termasuk Bagnaia. Pembalap Duca pada saat yang sama telah membukukan putaran yang cukup baik untuk menempati posisi keempat, dengan Marc Marquez dari Honda berada di belakangnya untuk naik ke urutan teratas bersama pembalap Ducati.

Mereka akan terdorong kembali ke luar 10 besar untuk lap terakhir. Keduanya beruntung bisa menghindari zona kuning akibat kecelakaan kedua yang dialami Jack Miller, dengan Bagnaia memimpin di depan Augusto Fernandez dari Tech3 dan Marquez dengan Honda. Brad Binder mengakhiri sesi di P4, lebih baik dari Aleix Espargaro, sementara Luca Marini naik ke urutan keenam di atas Ducati VR46.

Martin berada di P7 setelah berada di posisi terakhir pada pertengahan sesi, karena masalah grip memaksanya untuk meninggalkan motor Pramac Ducati nomor satunya untuk beralih jemotor kedua. Jatuhnya Miller membuat pembalap KTM itu keluar dari posisi Q2 di urutan ke-11. Ia berada di belakang Alex Marquez dari Gresini dan Franco Morbidelli dari Yamaha.

Pol Espargaro menghuni P14 setelah kecelakaannya, dengan Marco Bezzecchi kehilangan waktu putaran karena bendera kuning di urutan ke-15 di atas Ducati VR46. Pemenang GP Malaysia, Enea Bastianini hanya mampu menempati posisi ke-18 dengan Ducati pabrikannya di belakang Joan Mir dari Honda, dengan Oliveira merosot ke posisi ke-19 karena bendera kuning.

Iker Lecuona dari LCR Honda mengungguli Quartararo setelah ia harus keluar dari lintasan akibat bendera kuning, dengan saudara kandungnya Takaaki Nakagami, LCR Honda, melengkapi posisi di belakangnya. Hasil Practice MotoGP Qatar menunjukkan persaingan yang ketat di antara para pembalap yang berjuang untuk mendapatkan posisi terbaik dalam kualifikasi. Dengan beberapa pembalap terjebak oleh kondisi lintasan dan bendera kuning, persaingan di sirkuit Losail semakin menarik untuk diikuti.

Related Articles

Leave a Comment

7 + 4 =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.