Home News MotoGP Kemenangan Beruntun Vinales di Balapan MotoGP Jarak Pendek

Kemenangan Beruntun Vinales di Balapan MotoGP Jarak Pendek

by Dita

Maverick Vinales Kembali Menjadi Pemenang di Balapan MotoGP Amerika Serikat

Maverick Vinales kembali menunjukkan performa gemilangnya di balapan MotoGP Amerika Serikat. Pembalap Aprilia ini berhasil meraih kemenangan beruntun setelah tiga tahun tidak pernah finis sebagai pemenang. Dalam balapan jarak pendek tersebut, Vinales sukses memimpin dari awal hingga akhir dengan keunggulan yang signifikan.

Sebagai pole sitter, Vinales tidak mengalami kesulitan untuk membangun keunggulan sebesar 2,294 detik dalam 10 lap pertama. Marc Marquez, pembalap Ducati, harus puas finis sebagai runner-up setelah berhasil mengalahkan rookie GasGas Tech3, Pedro Acosta, untuk merebut posisi kedua. Sementara itu, posisi ketiga ditempati oleh Jorge Martin, pemimpin klasemen saat ini.

Balapan tersebut juga menjadi ajang pembuktian bagi Enea Bastianini dan Francesco Bagnaia, pembalap Ducati yang berjuang keras untuk mengejar ketertinggalan. Bastianini finis di posisi keenam, sementara Bagnaia harus puas berada di posisi kedelapan setelah start buruk. Trio terdepan yang terdiri dari Vinales, Marquez, dan Acosta berhasil melepaskan diri dari pesaing-pesaingnya, termasuk Bastianini yang terpaut 0,7 detik pada lap kedua.

Jorge Martin berhasil menyalip Bastianini di Tikungan 7 pada lap ketiga, namun ia masih terpaut 1,2 detik dari posisi podium terakhir yang dipegang oleh Vinales. Vinales sendiri mencatatkan waktu tercepat dalam balapan dengan 2 menit 02,275 detik pada putaran ketiga, unggul 0,9 detik atas Marquez. Jarak tersebut semakin melebar pada putaran kelima hingga mencapai 1,5 detik.

Pada lap keenam, Acosta mencoba merebut posisi kedua dari Marquez namun gagal setelah melebar di Tikungan 7. Marquez pun kembali memperkuat posisinya, sementara Martin berhasil mengambil alih posisi ketiga dari Acosta di Tikungan 11. Meskipun sempat melakukan kesalahan kecil di Tikungan 12 pada lap 8, Vinales tetap mampu mempertahankan keunggulan hingga garis finis.

Marquez berhasil menyalip di tikungan terakhir untuk mengamankan posisi kedua, unggul 2,1 detik dari Martin. Di posisi keempat, Acosta harus puas finis di belakang Martin, sementara Aleix Espargaro dari Aprilia berhasil finis di posisi kelima. Bastianini dan Bagnaia juga berjuang sengit untuk meraih posisi terbaik mereka, dengan Bastianini finis di posisi keenam setelah bertarung dengan Jack Miller, dan Bagnaia berhasil merangkak ke posisi delapan di depan Raul Fernandez dari Trackhouse Racing.

Hanya satu Honda yang berhasil finis, dengan Luca Marini finis di posisi 17 setelah tertinggal 22,989 detik dari Marquez. Joan Mir dan dua pembalap LCR, Takaaki Nakagami dan Johann Zarco, mengalami kecelakaan dalam balapan tersebut. Fabio Quartararo, pembalap Yamaha, finis di posisi ke-15, sementara pembalap VR46 Ducati, Fabio Di Giannantonio, mengalami masalah dengan motornya. Pembalap Tech3, Augusto Fernandez, juga terjatuh dan tidak bisa melanjutkan balapan.

Dengan hasil tersebut, Maverick Vinales kembali menegaskan dominasinya di MotoGP Amerika Serikat. Kemenangan ini menjadi modal berharga bagi Vinales dalam menghadapi balapan-baapan selanjutnya dan semakin memperkuat posisinya di klasemen sementara. Semoga performa gemilang Vinales dapat terus berlanjut di balapan-bapapan selanjutnya.

Related Articles

Leave a Comment

one × one =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.